Akerina Berharap Kehadiran IPEMI SBB Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

ZonaInfo.id, Piru – Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timotius Akerina berharap kehadiran Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) turut meningkatkan ekonomi masyarakat.

Akerina menyampaikan harapan ini saat menghadiri acara pelantikan pengurus IPEMI Kabupaten SBB periode 2022-2027, Selasa (15/3/2022), di Lokasi Wisata Dukuh Desa Waimital, Kecamatan Kairatu.

Sebelum pelantikan oleh Ketua Wilayah IPEMI Maluku Hj Mardiati, Sekretaris Wilayah IPEMI Maluku Irma Suryani Olong membacakan Surat Keputusan Nomor: 02/SK/PW/IPEMI/MLK/III/2022.

Ani Nuraini Rahawarin dipercayakan memimpin IPEMI Kabupaten SBB periode 2022-2027.

Bupati mengatakan,  IPEMI bisa disejajarkan dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Bedanya, IPEMI adalah kaum perempuan.

“Saya berharap IPEMI tidak kalah bersaing dengan HIPMI,” ujarnya.

Lanjut Akerina, kehadiran IPEMI bisa memberikan warna tersendiri dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kehadiran IPEMI dapat memberikan sumbang saran kepada pemerintah daerah dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat di Seram Bagian Barat,” harap Akerina.

Akerina mengatakan, pemerintah daerah berkewajiban untuk membina dan mengarahkan IPEMI Kabupaten SBB. Oleh karena itu, ia meminta pengurus IPEMI menyerahkan AD/ART dan dokumen lainnya kepada Kesbangpol sehingga terdaftar secara resmi.

“Saya melihat pengurus yang baru saja dilantik ini memiliki pikiran-pikiran yang cerdas untuk disumbangkan buat daerah ini. Karena ibu-ibu ini rata-rata memiliki usaha,” ujarnya.

Ia berharap ke depan ada produk-produk unggulan yang lahir dari daya cipta IPEMI SBB untuk  konsumen di Kabupaten SBB. “Saya yakin kalau ada niat ada usaha pasti sukses,” tandasnya.

Masih kata Akerina, tidak semua pengurus IPEMI adalah pengusaha. Mereka yang pengusaha bisa menularkan ilmu kepada yang bukan pengusaha.

“Ada simbiosis mutualisme atau saling bekerja sama untuk saling menguntungkan satu sama lain. Bisa melakukan proses-proses pembinaan atau pendampingan sehingga muncul pengusaha-pengusaha muslimah yang baru,” ujarnya.

Akerina juga berharap IPEMI melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat dalam dunia wirausaha untuk menciptakan produk-produk baru yang bisa didistribusikan oleh IPEMI ke luar Kabupaten SBB.

“Kita bisa buat prodak unggulan yang berlabel Saka Mese Nusa, berupa produk kerajinan, produk kecantikan, kuliner untuk usaha kecil dan menengah,” ujarnya.

Sejumlah tamu undangan hadir dalam pelantikan pengurus IPEMI Kabupaten SBB antara lain; pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), anggota DPRD dari Fraksi Nasdem Mardi, Eko Budiono dari Fraksi PKB, pengurus IPEMI Kabupaten Malteng, para camat, Danramil, Kapolsek Kairatu dan para kepala desa di Kecamatan Kairatu. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: