Kota

Pemkot Ambon Gelar Konsultasi Publik Rancangan RPD 2023-2026

ZonaInfo.id, Ambon – Pemerintah Kota Ambon menggelar konsultasi publik penyusunan Rancangan Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026.

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 70 Tahun 2021, bagi daerah yang masa jabatan kepala daerah berakhir di tahun 2022, wajib menyusun RPD Tahun 2023-2026.

RPD ini bertujuan sebagai pedoman penyelenggaraan pemerintahan bagi penjabat pemerintah daerah dalam masa transisi, sampai pemilihan kepala daerah definitif.

“Hasil dari forum ini dijadikan bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan RPD Kota Ambon tahun 2023-2026 dan rancangan awal RKPD Kota Ambon tahun 2023,” kata Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, saat membuka Forum Konsultasi Publik dimaksud, Selasa (15/3/2022) di Hotel Marina.

Forum konsultasi publik bertujuan menyepakati permasalahan daerah, isu-isu strategis, tujuan dan sasaran, serta program prioritas.

Ririmasse menjelaskan, pembangunan Kota Ambon tahun 2023-2026 masih dalam bingkai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Ambon tahun 2006 -2026. Sebab itu visi dan misi RPJPD dapat dijadikan acuan dalam penyusunan RPD.

“Dengan tetap memperhatikan kebijakan nasional dan Provinsi Maluku serta mempertimbangkan permasalahan dan isu strategis terkini maka  dokumen RPD maupun RKPD memuat tujuan, sasaran, strategi maupun indikatorpembangunan dengan disertai indikator dan target secara terukur,” terangnya.

Dirinya menuturkan, dengan memperhatikan Rencana Kerja Pemerintah tingkat Nasional tahun 2023 dan kondisi terkini daerah, maka tema RKPD Kota Ambon di tahun 2023, adalah “Pemulihan Ekonomi dan Sosial, melalui Penguatan Sistem Layanan Kesehatan dengan Didukung Tata Kelola Pemerintahan Yang Berkualitas Menuju Ambon Yang Manis, Demokratis dan Mandiri”.

“Besar harapan kami bahwa Forum Konsultasi Publik rancangan RPD Kota Ambon 2023-2026 dan rancangan RKPD kota Ambon 2023 akan mendorong konsistensi dan integrasi perencanaan Kota Ambon antar Perangkat Daerah dan semua pemangku kepentingan,” tandasnya.

Forum Konsultasi Publik RPD dan RKPD Kota Ambon yang dilaksanakan oleh Bapedda-Litbang Kota Ambon turut dihadiri Tim Penyusun RPD, Akademisi, para pemangku kepentingan di bidang pembangunan serta pimpinan OPD. (ZI-17)