Kabupaten SBB Resmi Miliki Makodim 1513

ZonaInfo.id, Piru – Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) resmi memiliki Markas Komando Distrik Militer 1513 yang berpusat di gunung Malintang Desa Piru, Kecamatan Seram Barat.

Pantauan media ini, Makodim 1513 SBB diresmikan Danrem 151 Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan didamping Penjabat Bupati, Andi Chandra As’aduddin dengan menekan tombol serine sekaligus pengguntingans pita, Kamis (24/11/2022).

Usai peresmian Danrem bersama Komandan Makodim 1513 SBB, Letkol INF Rudolf Paulus dan rombongan menghadiri acara ramah tama dengan Bupati serta ASN Lingkup Pemda SBB di lantai III Kantor Bupati.

Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan kepada wartawan mengungkapkan, dampak positif kehadiran Makodim 1513 SBB bakal dirasakan oleh masyarakat setempat, karena dengan adanya Makodim ini maka akan ada Koramil di setiap kecamatan.

Danrem mengatakan rentang kendali yang jauh mendorong pembangun Makodim 1513 di SBB. Pasalnya di Pulau Seram yang dihuni oleh tiga kabupaten yakni SBB, SBT, dan Maluku Tengah hanya dibawahi satu Kodim di Masohi.

Kehadiran Makodim 1513 juga dapat memberi kemudahan dalam menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan, serta membangun hidup berdemokrasi.

“TNI melindungi, mengayomi, maupun menjaga keutuhan, dan menegakkan kedaulatan. Masyarakat tidak boleh jadikan Kodim tempat angker. Kalau lewat, boleh mampir dan ngopi,” ucapnya.

Saat ini terdapat 3 Koramil di SBB, yaitu Koramil Piru, Koramil Taniwel, dan Koramil Kairatu. Kata Danrem, Koramil lainnya bakal dikembangkan.

Saat ini Makodim masih menggunakan perumahan Makodim untuk aktivitas perkantoran. Karena itu Danrem mendorong agar pembangunan Kantor Makodim dapat diselesaikan di tahun 2023.

Danrem menjelaskan saat ini Makodim 1513 SBB ditempati sebanyak 242 personil TNI. Jumlah ini terbagi dalam tiga Koramil tersebut.

“Untuk daftar susunan personil dan bisa sampai 700 personil, maka dalam waktu bertahap akan terpenuhi sesuai dengan situasi dan kondisi. Tetapi jumlah yang ada sekarang ini sudah mencapai 80 persen,” ujar Danrem.

Ia mengungkapkan pemerintah daerah menghibahkan tanah seluas 2 hektar untuk wilayah Makodim 1513 SBB.

Danrem juga mengungkapkan dengan adanya Makodim, kalau ada niat dari masyarakat SBB yang ingin menjadi prajurit TNI bisa terwadahi dengan lebih baik.

“Masyarakat SBB khususnya generasi muda yang mau menjadi TNI, harus menjaga fisik, mental, kesehatan. Apabila ada yang ingin menjadi prajurit silakan berkonsultasi, baik itu dengan Kodim maupun Koramil sehingga disiapkan lebih awal, kita tidak menghendaki mereka ikut tes tetapi tidak menyiapkan dirinya,” tandasnya. (ZI-19)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: