Pastikan Inovasi Jalan, Sekkot Ambon Kembali Kunjungi Disdukcapil

ZonaInfo.id, Ambon – Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse kembali meninjau proses pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon.

Ririmasse tak sendiri. Ia membawa Kepala Bappeda, Kadis PUPR dan Bagian Umum  untuk memastikan inovasi mulai dilakukan Disdukcapil.

“Kali ini saya datang di Disdukcapil tidak sendirian, saya datang bersama Kepala Bapedda, Kadis PUPR, dan Staf Bagian Umum,” kata Ririmasse saat diwawancarai wartawan di Kantor Disdukcapil Kota Ambon, Senin (10/1/2022).

Ia mengatakan, kondisi Kantor Disdukcapil yang memakai bambu dan terpal, ini bukan sebuah gedung pemerintahan.

“Sebuah gedung pemerintah yang memakai barang-barang tersebut adalah ada di zaman dulu,” paparnya.

Ririmasse mengakui, kantor Disdukcapil tidak layak seperti ini, dan sangat diherankan staf dan pimpinan tidak mempunyai inovasi berpikir bagaimana membuat yang bagus.

“Gigi saya asam karena pingin lihat yang bagus-bagus. Kalau ruang tunggu bagus, masyarakat juga merasa nyaman, dan tidak berdiri saat antri dalam pengurusan administrasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Ririmasse, Kadis PUPR juga turut melihat ini untuk membenahi ruangan tunggu agar masyarakat merasa nyaman.

“Kita akan atur supaya masyarakat aman dalam pengurusan seluruh administrasi. Selain itu, bagian umum juga melihat listrik yang koslet, agar tidak menggangu jaringan sehingga kita bisa pasang AC agar pegawai saat  bekerja bisa aman dan nyaman. Kalau petugas tidak nyaman maka dia tidak bekerja secara full dan maksimalkan. Hal ini akan saya pantau secara langsung,” paparnya.

Ririmasse mengatakan, perubahan yang dilakukan di Disdukcapil agar pengurusan administrasi lebih terintegrasi. Seperti pengurusan akta kematian yang didapatkan juga Kartu Keluarga, dan KTP, dan lainnya.

“Prinsip saya seluruh layanan yang ada di dinas ini baik KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga adalah hak warga Kota Ambon, wajib hukumnya pemerintah memberikan hak itu tanpa biaya sepeserpun,” jelasnya.

Ia menambahkan, layanan administrasi kependudukan itu gratis. “Oleh karena itu, melalui media ini saya mau kasih tahu jangan coba-coba ada calo,” tandasnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: