Peringati Sumpah Pemuda, GMNI SBB dan Masohi Gelar Bakti Lingkungan

ZonaInfo.Id. Piru – Memperingati hari sumpah pemuda di tahun 2021 ini, PA GMNI DPC Kabupaten Seram Bagian Barat dan Komisariat DPC GMNI STIKES Bahti Husada Maluku serta Komisariat DPC GMNI STIA Perintah Masohi melakukan bakti lingkungan, Minggu (31/10/2021).

Bakti lingkungan berlangsung di bantaran sungai RIuwapa dan atas jembatan sungai Riuwapa untuk membersihkan sampah yang berasal dari sisa pembangunan rumah tangga.
Pembangunan sampah rumah tangga ini sudah menumpuk di bantaran sungai dan di atas jembatan sungai Riuwapa.
Kondisi ini tentu saja mengancam lingkungan yang dampaknya ke masyarakat.

Oleh karena itu Ketua PA GMNI DPC Kabupaten SBB, Fredy Pentury bersama Komisariat DPC GMNI STIKES Husada MALUKU dan Komisariat DPC GMNI STIA SAIT PERINTAH Masohi melakukan bakti lingkungan. Tujuannya membersihkan bantaran sungai Riuwapa dari pencernaan pembangunan sampah rumah tangga.

Menurutnya, keberadaan GMNI sebagai organisasi extra kampus yang selama ini melakukan aksi – aksi demonstrasi di kampus bahkan di depan umum untuk melakukan oto kritik terhadap pemerintah, tetapu juga memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan aksi kemanusiaan, aksi sosial dan aksi lingkungan. Karena lingkungan harus menjadi perhatian dan tanggung jawab kolektif yang harus diselamatkan untuk masa depan generasi ke kedepan.

“Saya rasa ini yang terpenting untuk menjadi perhatian kita bersama,” Ujar Pentury.

Dia juga meminta ada perhatian ekstra dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten SBB untuk memberikan perhatian serius terhadap sungai yang ada di kabupaten ini agar dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Mestinya ada sanksi yang tegas dan berat bagi oknum masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah yang langsung ke sungai.

Ditambahkan, jika kebiasaan buruk ini dibiarkan terus- menerus terjadi maka akan ada ancam kerusakan ekosistem habitat yang ada di muara sungai. (ZI -14)

%d blogger menyukai ini: