Olahraga

33 Atlet Maluku akan Ikut Ajang Papernas di Papua

ZonaInfo.Id, Ambon – Sebanyak 33 atlet kontingen National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Maluku dikirim mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) ke-16 Tahun 2021 di Papua.

33 atlet ini secara resmi dilepaskan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Sadali Ie, Senin (1/11/2021) yang dipusatkan di Aula Wisma Atlit Karang Panjang, Ambon.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan Pataka dari Sekda kepada Wakil Ketua Chef De Mission (CdM) Junet Heluth, di Aula Wisma Atlit Karang Panjang, Ambon, Senin, (1/11/2021).
Sekda dalam kesempatan itu menyampaikan tiga pesan penting kepada puluhan atlet tersebut.

Pertama, para atlit diinginkan untuk menampilkan performa terbaik saat berlomba.
“Pada dada kalian, terpatri nama Maluku yang patut dijaga dengan sportifitas. Dipertaruhkan kehormatannya kapan dan dimana pun kalian berada,” kata Sekda saat membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail.
Kedua, para atlit diingatkan Sekda tentang peluang.

“Selama waktu atau peluit tanda berakhirnya laga belum tiba, selama itu pula masih ada kesempatan meraih kemenangan,” ucap Sekda membakar semangat para atlet.

Ketiga, jangan pernah merasa berkecil hati atau rendah diri karena keterbatasan fisik kalian.
Sebab di mata masyarakat Maluku dan Tuhan, kalian semua berharga.

Sekda memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan PEPARNAS.
Sambutan tersebut membuktikan bila Maluku masih memiliki atlit olahraga dari kalangan disabilitas, yang siap mengharumkan nama dan kehormatan Maluku di PEPARNAS.

“Kita telah membuktikan, bila keikutsertaan para atlet Difabel Maluku di level nasional maupun internasional, tidak kalah pencapaian prestasinya dengan para atlit non-Difabel pada umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua NPC Provinsi Maluku, Adyos Astan menerangkan, jumlah atlet yang yang siap mengikuti PEPARNAS ke-16 berjumlah 33 orang. Mereka telah menjalani Pelatda selama enam bulan jelang keikutsertaannya di PEPARNAS.

Puluhan atlrt tersebut terbagi dalam enam cabang olahraga, masing-masing tenis meja, badminton, renang, atletik, catur dan menembak.

“Mereka didampingi 10 pelatih dan CdM yang dipimpin Kepala Dinas Pemuda dan Olagraga Maluku, Sandi Wattimena sebagai Ketua CdM,” ujarnya. (ZI-10)