Program Padat Karya Ringankan Ekonomi Masyarakat Dampak Covid-19

ZonaInfo.id, Namrole – Program Padat Karya Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang dilaksanakan Kantor UPBU Kelas III Namrole dapat meringankan ekonomi masyarakat sekitar bandar udara akibat dampak pandemi Covid-19.

Program ini merupakan kebijakan pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

“Kegiatan ini merupakan upaya menjalankan instruksi pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan ketrampilan skill masyarakat lokal dan juga merupakan suatu strategi untuk masyarakat,” kata Wakil Bupati Buru Selatan, Gerson Elieser Selsily dalam sambutannya saat peresmian program tersebut, yang ditandai dengan pengenaan baju rompi kepada salah satu pekerja, Senin (11/10/2021).

Selsily mengatakan, untuk meningkatkan perekonomian nasional di masa pendemi Covid-19 maka Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Udara melalui Kantor UPBU Kelas III Namrole melaksanakan kegiatan padat karya.

“Kegiatan padat karya merupakan kegiatan pembangunan yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia dibandingkan dengan tenaga mesin,” ucap Selsily.

Lanjut Selsily, dengan tujuan untuk meringankan beban perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar Bandar Udara Namrole yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Kantor UPBU Kelas III Namrole membuka lapangan kerja dengan memperkerjakan sebanyak 50 orang dari berbagai kalangan, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap karena Covid-19,” ujarnya.

Selsily mengakui, sejak merebaknya pandemi covid-19 dampak terhadap sektor ekonomi masyarakat sangat besar.

“Untuk itu, program padat karya diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi pengangguran, serta penggerak tumbuhnya ekonomi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bandar udara,” katanya.

Dikatakan, program padat karya ini sangat membantu masyarakat di sekitar Bandara, karena tidak memerlukan ketrampilan khusus.

“Pekerjaan meliputi pembersihan drainase, pagar, pembersihan rumah operasional dan kegiatan lainnya yang terkait dengan pemeliharaan di lingkungan bandar udara,” sebut Selsily.

Atas nama Pemerintah Daerah Selsily memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor UPBU Kelas III Namrole yang melaksanakan program padat karya bagi masyarakat.

“Saya berharap program ini sungguh-sungguh dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, dan kedepan akan ditingkatkan lagi,” harapnya. (ZI-11)

%d blogger menyukai ini: