
Wali Kota Sambangi PLN UIW MMU Pastikan Layanan Listrik ke Masyarakat Baik
ZonaInfo.id, Ambon – Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menyambangi Kantor PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Muluku Utara (MMU), Jumat (4/7/2025) memastikan layanan Listrik ke masyarakat berjalan baik.
“Hari ini saya berkunjung ke PT. PLN (Persero) UIW Maluku dan Maluku Utara, kami berdiskusi tentang bagaimana komitmen kita bersama, untuk memastikan bahwa paling tidak di wilayah Ambon, kita bisa memastikan bahwa masyarakat bisa memperoleh pasokan listrik secara baik dan teratur,” ujar Wattimena kepada wartawan, di Kantor PLN UIW MMU, Jalan Diponegoro.
Wattimena mengungkapkan, PT. PLN (Persero) UIW MMU dan PT. PLN (Persero) UP3 Ambon memiliki komitmen yang besar untuk memastikan bahwa pelayanan kelistrikan di Kota Ambon berlangsung dengan baik.
“Kapasitasnya terpenuhi bahkan cadangannya juga cukup besar. Ini peluang bagi kita selain untuk memastikan masyarakat semua memperoleh pelayanan kelistrikan, dengan baik tetapi, kita bisa membuka peluang untuk memastikan investor mau menanamkan modal di Kota Ambon karena listriknya tersedia dengan daya yang cukup,” ujarnya.
Ia menilai, pelayanan PLN saat ini sudah luar biasa. Keluhan masyarakat terkait dengan masalah kelistrikan cepat direspons.
“Bahkan saya mau bilang koordinasi saya selaku Wali Kota Ambon, dengan PLN baik itu PT PLN (Persero) UIW MMU dan PT. PLN (Persero) UP3 Ambon, berlangsung dengan baik, apapun yang saya sampaikan cepat direspons dan ditangani secara cepat,” ujar Wattimena.
Wattimena yakin pembangunan di Kota Ambon yang membutuhkan pasokan listrik pasti bisa dipenuhi dengan baik.
“Kita berikan apresiasi kepada PT. PLN (Persero) UIW MMU dan PT. PLN (Persero) UP3 Ambon yang terus bekerja maksimal untuk masyarakat secara khusus di Kota Ambon dan secara umum di Maluku,” tandasnya.
Wattimena mengungkapkan, saat terjadi bencana ada tiang listrik terdampak longsor, PLN cepat menangani.
“Kemarin waktu kejadian bencana, banyak yang saya sampaikan kepada Pak Ramli Malawat selaku Kepala PT. PLN (Persero) UP3 Ambon, ada keluhan terhadap tiang listrik yang terdampak longsor, miring dan lainnya semua sudah ditangani dengan cepat,” ujarnya.
Wattimena mengungkapkan lagi, ada jalan putus dan gangguan kelistrikan di Leitimur Selatan, butuh waktu 5 hari untuk Pemerintah Kota membuka akses jalan ke sana, tetapi PLN hanya perlu waktu 2 hari menyelesaikan persoalan kelistrikan di sana.
“Pemerintah Kota Ambon harus memberikan apresiasi. Jadi PLN tidak tinggal diam, beraksi cepat, dan sudah lakukan tugasnya secara maksimal,” ujarnya.
Manajer PT. PLN (Persero) UP3 Ambon, Ramli Malawat, menyampaikan terima kasih karena komunikasi Pemerintah Kota dan PLN terjalin dengan baik.
“Kami atas nama PLN UP3 Ambon mengucapkan permohonan maaf atas terjadinya pemadaman listrik di beberapa lokasi. Dapat kami jelaskan bahwa beberapa hari dan minggu yang lalu terjadi cuaca ekstrem, sehingga PLN secara langsung melakukan penanganan secara khusus terhadap beberapa permasalahan antara lain, longsor menyebabkan asset PLN terganggu, sehingga kami butuh waktu untuk merestorasinya,” jelasnya.
Malawat juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat khususnya di Dusun Kusu-Kusu, Hatalai, dan Desa Soya yang secara langsung menyampaikan masalah kelistrikannya kepada PLN.
“Mari kita saling mendukung, dan paling tidak apabila terjadi gangguan listrik, masyarakat dapat menyampaikan melalui aplikasi PLN Mobile, supaya PLN dapat secara langsung melakukan response recovery,” ujarnya. (ZI-21)