Kendalikan Inflasi Bupati Buru Selatan Sidak ke Pasar Kai Wait

ZonaInfo.id, Namrole – Sebagai upaya mengendalikan inflasi di Kabupaten Buru Selatan dan mengetahui secara langsung kondisi pasar, Bupati Safitri Malik Soulisa bersama sejumlah pimpinan OPD melakukan sidak ke Pasar Kai Wait Namrole, Senin (31/10/2022).

Bupati didampingi Asisten II Ibrahim Banda serta Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perhubungan, Kadis Pariwisata, Kadis Perikanan, Kabag Ekbang.

Pantauan media ini, Bupati Safitri melakukan dialog dengan sejumlah pedagang sayur, ikan dan pedagang sembako.

“Sayur-sayuran ini dari mana,” tanya Bupati pada pedagang sayur, dan dijawab dari Unit Kabupaten Buru.

Selain dari Unit Kabupaten Buru, jelas pedagang ada juga sayur-sayuran dan cabe dari desa-desa yang ada di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan.

Pedagang meminta kepada Bupati agar tembok pasar bagian depan dibongkar agar memudahkan pedagang dan konsumen lancar dalam transaksi jual beli.

Permintaan pedagang langsung direspons Bupati dan meminta Kadis Perindag untuk menyikapi permintaan pedagang.

Dari pedagang sayuran dan ikan, Bupati pantau harga dan stok sembako.

Pertanyaan Bupati juga masih sama, darimana pedagang mendapat pasokan telur. Jawab pedagang untuk kebutuhan telur didatangkan dari Ambon.

Kebutuhan beras jelas pedagang ada dari Unit, Ambon dan juga dari Sulawesi.

“Untuk telur masih aman, harga masih stabil dan juga beras aman dan harga juga stabil,” jelas pedagang kepada Bupati.

Kepala Dinas Perindag Hamis Souwakil kepada wartawan mengatakan, Bupati melihat  kondisi pasar secara langsung,  baik itu terkait ketersediaan barang dan harga.

“Ternyata bahan kebutuhan pokok tersedia dan harga stabil bahkan ada yang turun,” jelas Souwakil kepada media ini, usai peninjauan pasar.

Menurut Hamis, penyebab turunnya harga barang karena ada pasokan yang datang dengan tol laut.

Usai sidak pasar, kata Hamis Bupati memberikan arahan kepada dinas teknis, agar selalu memantau dan melaporkan kepada Bupati maupun pihak-pihak terkait,  juga ke Provinsi, terkait  masalah harga, distribusi dan ketersediaan pangan lokal maupun kebutuhan pangan dari luar daerah.

Usai melakukan pemantauan pasar Bupati meninjau lokasi wisata Pantai Waemsoba.

Dalam peninjauan itu, selain Kadis Pariwisata dan sejumlah pimpinan OPD lainnya, Kepala Seksi Pengembangan Pariwisata juga turut mendampingi Bupati.

Bupati melihat secara langsung fasilitas yang dibangun dan satu bangunan tempat pagelaran seni yang sudah rusak. (ZI-11)

%d blogger menyukai ini: