Lintas Daerah

Gubernur Resmikan Masjid Al-Anshor Ohoi Dunwahan di Kei Kecil

ZonaInfo.id, Langgur – Gubernur Maluku, Murad Ismail meresmikan Masjid Al l-Anshor Ohoi Dunwahan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu (23/7/2022).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine serta penandatanganan prasasti oleh Gubernur didampingi Ibu Widya Pratiwi Murad, Bupati Kabupaten Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan istri, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin dan Kakanwil Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara.

Dilanjutkan pengguntingan pita di pintu Masjid oleh Widya Pratiwi Murad dan penyerahan kunci dari ketua panitia kepada Imam Masjid.

Pembangunan masjid ini, diawali peletakan batu pertama oleh Bupati Kabupaten Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun pada 19 Maret 2021.

Masjid yang dibangun selama enam bulan  14 hari tersebut, menghabiskan anggaran sebesar Rp. 1,2 miliar.

Gubernur mengaku bangga berada di tengah-tengah masyarakat Maluku Tenggara khususnya di Ohoi Dunwahan. Kebahagiaan itu semakin bertambah manakala dirinya diberikan gelar adat Vis Bad yang berarti memperbaiki yang rusak menjadi baik, oleh para dewan adat di kepulauan Kei.

Gubernur mengajak umat Islam di Kabupaten Maluku Tenggara tak terkecuali  pengurus beserta jamaah Masjid Al-Anshor untuk memakmurkan dan meningkatkan peran Masjid dalam menjawab persoalan umat

“Program kerja dari kepengurusan masjid jangan hanya terpaku pada kegiatan ibadah, tetapi juga harus diperluas dalam konteks pengembangan Masjid seperti membangun Yayasan Masjid yang bertujuan meningkatkan pendidikan serta interaksi sosial umat di lingkungan dan sekitarnya,” ujarnya.

Gubernur mengimbau seluruh masyarakat Maluku Tenggara khususnya masyarakat Ohoi Dunwahan untuk menjaga keamanan dan kedamaian. Bila terdapat persoalan, sebaiknya diselesaikan secara arif dan bijaksana dengan melibatkan tokoh adat/agama/pemerintah negeri dan aparat keamanan.

“Peristiwa bentrok antar warga yang terjadi di kota Tual beberapa waktu lalu menjadi pelajaran buat kita semua, dan saya minta tidak boleh terjadi lagi di daerah ini,” imbau Gubernur.

Di tempat yang sama, Bupati Kabupaten Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun mengungkapkan proses pembangunan Masjid Al-Anshor terdapat peran ASN dan masyarakat yang beragama Kristen Protestan/Katolik. Tujuannya membangun kembali kehidupan religius masyarakat.

“Masjid ini ada keringat (kerja sama) saudara-saudara kami  beragama Kristen Protestan/Katolik. Bukan Masjid ini saja, tapi di beberapa tempat Masjid dan Gereja yang kami bangun, saya selalu mengajak seluruh ASN beragama Islam/Kristen Protestan/Katolik kami untuk datang membantu,” kata Hanubun.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Azis Sangkala, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Maluku Tenggara, Kepala Kecamatan Kei Kecil C. Rettob, Pj. Ohoi Dunwahan Darius Lefteuw dan jajaran, sejumlah tokoh masyarakat/adat/agama. (ZI-10)