Ragam

Gubernur dan Istri Hadiri Idul Adha dan Serahkan Hewan Kurban di SMP 14 Ambon

ZonaInfo.id Ambon – Gubernur Maluku, Murad Ismal dan istri Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail menghadiri Perayaan Idul Adha 1443 Hijriah yang diselenggarakan SMP Negeri 14 Ambon, Selasa (12/7/2022).

Perayaan Idul Adha tersebut dirangkaikan dengan peragaan Manasik Haji oleh siswa/siswi SMP Negeri 14 sekaligus penyerahan daging kurban oleh Gubernur Maluku kepada yang berhak menerima.

Ketua Panitia Kurban SMP Negeri 14 Ambon, Murad Junior Ismail dalam laporannya menyampaikan, haji dan berkurban  merupakan satu kesatuan ibadah yang dilaksanakan saat hari Raya Idul Adha.

“Kurban menjadi bentuk ibadah yang mengingatkan umat Muslim terhadap perjuangan dan pengorbanan sosok Khaililullah Nabi Ibrahim AS beserta anak tercinta Ismail AS. Untuk itu, pada hari ini, kami panitia kurban SMP Negeri 14 Ambon dapat melaksanakan acara ini yang dirangkaikan dengan praktek manasik haji olen teman-teman, sebagai bentuk implementasi Program OSIS bidang Ketaqwaan terhadap Allah SWT. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak menerimanya,” jelas Murad Junior.

Lebih jauh, anak bungsu dari Gubernur Maluku ini menjelaskan, hingga pelaksanaan kurban, dana yang terhimpun sebesar Rp. 80 juta. Dana tersebut digunakan untuk pembelian hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan pembiayaan seluruh rangkaian acara kurban yang dilaksanakan mulai pembentukan panitia hingga pada puncak acara hari ini.

“Perlu kami sampaikan pula, bahwa daging hewan kurban ini akan kami berikan kepada teman-teman siswa SMP Negeri 14 Ambon yang berhak menerima sebanyak 200 orang,” ujarnya.

Ia pun berharap kegiatan berbagi seperti ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang.

“Atas nama panitia kami mengucapkan terima kasih kepada bapak  Gubernur beserta ibu, bapak Sekda Maluku beserta ibu yang telah membantu dan mensupport kami. Juga ucapan terima kasih kepada bapak kepala sekolah, bapak-bapak anggota dewan, bapak/ibu dermawan serta semua pihak yang telah membantu hingga terselenggaranya acara ini. Kami berharap kiranya tahun depan kami masih dapat melaksanakan acara serupa bahkan bisa lebih dari ini,’’ tandas Murad Junior.

Penyembelihan hewan diawali dengan penyerahan kurban dari panitia kepada Kepala Sekolah dan penyerahan daging oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Ina Latu Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail kepada siswa/siswi perwakilan penerima. (ZI-10)