Wadan Lantamal IX Jadi Inspektur Upacara Harkitnas

ZonaInfo.id, Ambon – Wadan Lantamal IX Ambon, Kolonel Laut (P) Eka Prabawa menjadi inspektur upacara pada hari kebangkitan nasional (Harkitnas) mewakili  Komandan Lantamal IX Brigjend TNI (Mar) Said Latuconsina.

Dengan PDL TNI AL bersenjata, berdiri dengan gagahnya para pasukan Lantamal IX Ambon yang mengikuti upacara di lapangan apel Mako Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (20/5/2022).

Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Laut (P) Eka Prabawa dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya hari kebangkitan nasional ini mari kita bersinergi menjadikan perekonomian Indonesia lebih maju.

Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada tahun 1908. Namun, Harkitnas tidak lantas ditetapkan pada tahun tersebut, melainkan ditetapkan pada tahun 1948 atau dua puluh tahun setelahnya oleh Soekarno.

Latar belakang penetapan Hari Kebangkitan Nasional adalah bangsa Indonesia butuh pemersatu pada masa awal kemerdekaan. Bung Karno menilai berdirinya organisasi Boedi Oetomo sebagai awal dari kebangkitan bangsa Indonesia melawan para penjajah.

Walaupun organisasi ini masih bersifat kedaerahan awalnya, tetapi mekanisme dalam pemilihan ketua dalam organisasi ini cukup berbeda.

Turut hadir para PJU dan Kasatker Lantamal IX diantaranya, Kakuwil Lantamal IX, Kadisfaslan Lantamal IX, Paban Ren Slog, Pabandya Sismet Srena Lantamal IX.

Protokol kesehatan tetap diterapkan dalam upacara ini, meskipun pandemi Covid-19 sudah menjadi masa endemi pada saat ini. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: