Kontribusi Bangun Maluku, Gubernur MI Sampaikan Terima Kasih ke IKAPATTI

ZonaInfo.id, Ambon – Gubernur Maluku yang juga selaku Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI) Murad Ismail, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi para alumni Unpatti Ambon bagi pembangunan Maluku.

Hal itu disampaikan MI saat memberikan sambutan di acara Halal Bi Halal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKAPATTI, di Aula Rektorat Lantai II Unpati, Kamis, (19/5/2022), yang mengusung tema, Memperkokoh Silaturahmi dalam Keberagaman untuk Maluku Maju, Indonesia Jaya.

“Dalam kesempatan ini, saya selaku pemerintah daerah dan juga Ketua Dewan Kehormatan IKAPATTI, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para alumni Unpatti yang telah banyak berkontribusi bagi kemajuan daerah ini, sesuai porsi, posisi dan peran strategis yang diembannya masing-masing,” kata Gubernur.

Alasannya, sambung Murad, karena Unpatti telah melahirkan banyak alumni yang tak terhitung kiprah dan pengabdiannya bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara khususnya di Maluku.

Tak berlebihan, jika ia mengatakan bila pencapaian kinerja pembangunan dan indikator makro-ekonomi Maluku yang cukup baik akhir-akhir ini, seperti peningkatan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 sebesar 3,4 persen yang menandai bangkitnya perekonomian Maluku dari keterpurukan akibat Covid-19.

“Turunnya angka kemiskinan yang cukup fantastis dari 17,99 persen di tahun 2020 menjadi 16,30 persen di tahun 2021 serta membaiknya sejumlah indikator kesejahteraan lainnya seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat pengangguran terbuka dan ketimpangan pendapatan (Gini Rasio),” sambungnya.

Kata Gubernur, kesemuanya itu tak terlepas dari peran penting para alumni Unpatti yang tersebar di berbagai sektor pengabdian. Seperti sektor pemerintahan, perguruan tinggi (Akademisi), dunia usaha, penegak hukum, legislatif, pekerja kemanusiaan dan sebagainya. Ia yakin, momentum halal bi halal tidak sekedar menjadi ajang berkumpul tanpa makna.

Namun sebaiknya dioptimalkan para alumni untuk menyatukan pikiran, mengkonsolidasikan gagasan serta mensinergikan langkah guna bersama-sama dengan pemerintah provinsi dan elemen masyarakat Maluku lainnya.

“Untuk mewujudkan Maluku yang maju dan sejahtera sebagaimana visi pembangunan Maluku yang diusung dalam pemerintahan kali ini, yakni Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan serta berdaulat atas gugusan kepulauan,” ujarnya.

Mantan Dankor Brimob ini pun menyambut baik acara halal bi halal yang diselenggarakan IKAPATTI, dengan harapan menjadi momentum penting dalam mempererat silaturahmi diantara para alumni yang saat ini tersebar di berbagai lini kehidupan, lintas sektor, agama dan generasi.

“Halal bi halal sendiri mengandung makna yang luas, dimana hakikatnya tidak berhenti pada ritual saling memaafkan saja, namun mengenai peneguhan atas nilai persaudaraanantar anak bangsa. Singkatnya, halal bi halal bukan sekedar agenda keagamaan, namun agenda kebangsaan yang harus terus terpelihara dengan baik,” pungkas Gubernur.

Mengingat, halal bi halal merupakan tradisi asli nusantara yang berakar pada falsafah hidup bangsa Indonesia, dan tidak akan bisa ditemui di negara lain bahkan di negara-negara Arab sekalipun.

“Olehnya itu, atas nama pemerintah provinsi Maluku dan juga Ketua Dewan Kehormatan IKAPATTI, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah kepada seluruh alumni yang merayakan khususnya keluarga besar IKAPATTI. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” tutup Murad.

Di tempat yang sama, Rektor Unpatti Ambon, M.J. Saptenno dalam sambutannya yang dibacakan Pembantu Rektor III, Jusuf Madubun mengatakan umat Islam setelah melaksanakan ibadah puasa diharapkan dapat mengimplikasikan apa yang didapat dari bulan ramadhan dan diaktualisasikan  nilai-nilai ibadah puasa yang sudah  ditempatkan di diri masing-masing.

“Saya selaku pimpinan Universitas Pattimura Ambon mengapresiasi tema yang diangkat kali ini, dalam acara halal bi halal yang dilaksanakan pada hari ini oleh IKAPATTI, yaitu untuk memperkokoh silahturahmi, untuk Maluku maju dan Indonesia jaya,” katanya.

Menurutnya, sebagai bangsa yang besar bahkan di Maluku  dengan 1.340 pulau dengan ragam budaya, tentunya sangat besar perbedaan. Perbedaan itu haruslah dijembatani dengan silahturahmi untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan

“Oleh karena itu, kami harapkan kita masing masing, terutama keluarga besar IKAPATTI dan Pemprov Maluku, bisa bersinergi, berkerja sama, mendukung dan saling menopang untuk mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera,” harap Rektor.

Pada acara halal bi halal ini Gubernur menyerahkan  sembako dan santunan kepada Panti asuhan Santa Maria Ahuru sebanyak 5 orang,  Panti asuhan Yayasan Almadinah sebanyak 10 orang dan mahasiswa  5 orang.

Ia juga memberikan tali kasih kepada beberapa mahasiswa dari Maluku yang mendapat beasiswa ke Rusia.

Turut hadir dalam halal bi halal Ikapatti, Ketua Dewan Pimpinan Pusat IKAPATTI Muhammad Marasabessy, Forkopimda Maluku, OPD di lingkun Pemerintah Provinsi Maluku, serta pimpinan Unpatti dan anggota IKAPATTI. (ZI-15)

%d blogger menyukai ini: