Ragam

Cegah Peredaran Narkoba, Lapas Saparua Tes Urine Pegawai dan Warga Binaan

ZonaInfo.id, Ambon – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saparua melakukan tes urine pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pemeriksaan urine berlangsung Senin (21/3/2022) di ruang pembinaan Lapas Saparua. Hal ini untuk mencegah peredaran gelap Narkoba.

Sebanyak 25 pegawai dan 25 WBP menjalani tes urine.  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Saparua mengawasi langsung tes urine tersebut.

Kalapas Kelas III Saparua Ernes L. Laturette mengatakan pemeriksaan urine merupakan langkah tegas Lapas Saparua dalam memerangi Narkoba.

“Tes urine ini penting bagi petugas dan warga binaan sebagai langkah untuk mencegah masuknya barang haram tersebut di lingkungan Lapas Saparua,” ungkap Laturette.

Laturette akan menindak tegas petugas maupun WBP yang melakukan pelanggaran apalagi berhubungan dengan penyalahgunaan Narkoba.

“Saya tidak segan-segan untuk memberikan hukuman bagi yang melanggar aturan,” tandasnya.

Kepala Subseksi Pembinaan Lapas Saparua, Ellen D. Anakotta menambahkan, hasil tes urine seluruh petugas dan WBP negatif Narkoba.

“Puji syukur dari hasil pemeriksaan urine hari ini semuanya negatif,” ujarnya.

Kendati begitu, Kalapas menegaskan itu bukan sebuah kepuasan bagi Lapas Saparua. Pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan dan pengendalian keamanan.

Ia juga berpesan kepada petugas dan WBP agar selalu mematuhi tata tertib di Lapas. (ZI-10)