KPK Periksa Ketua DPRD dan Sejumlah Pejabat Bursel

ZonaInfo.id, Ambon – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua DPRD Kabupaten Buru Selatan, Muhajir Bahta sebagai saksi kasus dugaan korupsi dan gratifikasi proyek jalan dalam kota Namrole, Kamis (17/3/2022).

Selain Muhajir, penyidik KPK juga memeriksa Wakil Ketua DPRD Buru Selatan, Jamatia Booy dan Anggota DPRD setempat, Bernadus Wamese.

“Hari ini diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus tindak pidana korupsi proyek pembangunan jalan dalam kota Namrole tahun 2015,” kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Selain tiga wakil rakyat Bursel, penyidik KPK juga memanggil sejumlah saksi lainnya. Mereka adalah Bendahara Sekretariat Daerah Kabupaten Buru Selatan Aisya Ida, dan mantan Bendahara Sekretariat Daerah Kabupaten Buru Selatan Samsul Bahri Sampulawa.

Ada juga  Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Buru Selatan Ismid Thio, Kepala Subbagian Perencana dan Keuangan pada Inspektorat Kabupaten Buru Selatan Japar, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Kesehatan Buru Selatan periode 2012-2014 Thomas Marulessy, PNS Samuel R Teslatu, dan Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) Lelang Umum Kabupaten Buru Selatan Dankel Saleky.

“Pemeriksaan para saksi berlangsung di Satuan Brimob Polda Maluku,” jelas Ali Fikri.

Sebelumnya penyidik KPK memeriksa Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Eliezer Selsily.

Pemeriksaan Selsily berlangsung di Mako Brimob Polda Maluku, Tantui, Kamis (10/3/2022).

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TSS,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan tiga orang sebagai tersangka, yaitu mantan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa, Ivana Kwelju, dan Johny Rynhard Kasman. Ketiganya telah ditahan untuk kepentingan penyidikan.

Dalam perkara ini, Tagop diduga menerima fee sekitar Rp10 miliar dari rekanan yang mengerjakan proyek pengadaan barang dan jasa di Buru Selatan.

Ia diduga menerima fee tersebut melalui Johny Rynhard. Uang sebesar Rp10 miliar itu, salah satunya berasal dari Ivana Kwelju. (ZI-15)

%d blogger menyukai ini: