Banyak Pimpinan OPD di SBT Masih Berstatus Plt

ZonaInfo.id, Bula – Banyak pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) masih berstatus pelaksana tugas (Plt).

Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur diminta secepatnya melakukan lelang jabatan agar terisi pimpinan definitif.

“Hampir sebagian besar dinas maupun badan masih dipimpin oleh Plt. Tentu akan berpengaruh terhadap kinerja birokrasi dan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten SBT,” kata Pemuda Muhammadiyah Kabupaten SBT, Fachmi Kubal, Sabtu (12/3/2022), di Bula.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati sejak Februari Tahun 2021 hingga saat ini, kata dia, sudah cukup waktu untuk melakukan penataan birokrasi.

“Sampai dengan saat ini belum ada langkah Bupati dan Wakil Bupati untuk melakukan pelelangan jabatan eselon II, sehingga sebagian besar birokrasi masih didominasi oleh Plt,” ujar Kubal.

Instansi yang sampai saat ini masih dijabat Plt yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengelolaan Pendapatan Aset Daerah, Bencana, Dinas Koperasi, Dinas Nakertrans, Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas KB, Dinas Perumahan Rakyat, Sekwan, Asisten Bupati 1,2, dan Asisten 3, Staf Ahli Bupati, dan Bappeda.

“Semua masih Plt, sehingga bisa berpengaruh terhadap proses pemerintahan dan pelayanan publik di SBT,” tandas Kubal.

Lanjut dia, jabatan Sekda juga masih Plt. Jika tidak melakukan pelelangan, sebaiknya Djafar Kwairumaratu ditetapkan sebagai Sekda definitif.

Ia berharap Bupati dan Wakil Bupati SBT secepatnya mengambil langkah agar seluruh pimpinan OPD berstatus definitif sehingga proses pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik bisa berjalan lebik baik. (ZI-16)

%d blogger menyukai ini: