Soplanit: 40 Persen Dana Desa Soya Untuk BLT

ZonaInfo.id, Ambon – Pemerintah Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, menganggarkan 40 persen Dana Desa (DD) tahun 2022 untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021, tentang rincian anggaran dan pendapatan dan belanja negara tahun 2022, serta dikuatkan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190 tentang rincian Dana Desa tahun 2022, sebesar 40 persen diperuntukan untuk BLT,” kata Sekretaris Negeri Soya, Melky Soplanit kepada wartawan di Kantor Negeri Soya, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT tahun ini mengalami perubahan berdasarkan hasil musyawarah penetapan calon penerima manfaat.

“Sebelumnya, Pemerintah Negeri Soya dalam musyawarah sudah menetapkan hanya 29 KPM penerima BLT. Tapi dengan adanya Perpres 104 tahun 2021 dan PMK 190 tahun 2021 maka Pemerintah Negeri merevisi kembali data yang ada, sehingga untuk tahun ini jumlah penerima bertambah menjadi 140 KPM penerima BLT,” jelas Soplanit.

Lanjut dia, 60 persen sisa DD, 20 persen dianggarkan untuk program pertanian dan peternakan, 8 persen untuk penanganan Covid-19. Dan untuk 32 persen sisanya itu dianggarkan untuk program pembangunan negeri sesuai dengan sektor prioritas yang ditetapkan pada musrenbang.

Program BLT yang berlanjut hingga 2022 ini, tambah Soplanit, merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat miskin akibat situasi pandemi Covid-19 yang masih ada sampai dengan saat ini.

Sehingga, Soplanit berharap, pengalokasian DD kedepannya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Negeri Soya, dan dapat digunakan dengan baik

“Penyaluran BLT ini bentuk dari perhatian pemerintah terhadap masyarakat dalam mengurangi angka kemiskinan, saya harapkan semua masyarakat Negeri Soya ini bisa menikmati BLT yang disalurkan nanti,” pungkasnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: