BPS Gelar FGD Penyusunan Publikasi Maluku Dalam Angka

ZonaInfo.id, Ambon – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Maluku Dalam Angka, yang berlangsung di Biz Hotel Ambon, Rabu (16/2/2022).

Kepala BPS Provinsi Maluku, Asep Riyadi mengatakan, pada tanggal 25 Februari mendatang pihaknya secara resmi akan merilis Maluku dalam angka.

“Sebelum rilis secara resmi,  kita harus pastikan data-data yang dikirim oleh semua OPD ini merupakan data yang terbaik dan  sudah melalui pemeriksaan  memadai,  jangan sampai pada saat kita rilis data itu masih ada yang belum siap,” katanya.

Oleh karena itu, FGD sebagai suatu media yang penting agar dapat menghasilkan data yang berkualitas, konsistensi antar waktu dan wilayah .

“Maluku dalam angka merupakan salah satu prodak dari BPS yang dimana ada kompilasi data-data dari semua pihak baik dari OPD dan juga kementerian yang ada di Maluku, yang datanya siap saji setiap tahun,” paparnya.

Dikatakan, data Maluku dalam angka ini sebenarnya dalam bentuk buku, tetapi untuk sekarang modelnya sudah digital dan dipublis.

“BPS mengkompilasi data yang bersumber dari OPD untuk ditampilkan dalam publikasi Maluku dalam angka. Setiap orang  yang membutuhkannya  bisa mengakses Maluku dalam angka,” jelasnya.

Untuk itu, datanya akan diperiksa secara konsisten, berkualitas dan dibandingkan bukan hanya sebatas di wilayah Maluku melainkan nasional, agar bisa berlaku di daerah mana saja selain Maluku.

“Diharapkan konsistensi data setiap hari harus berkelanjutan, jangan tahun ini saja, tapi harus ada setiap tahun ada. Proses fata dikumpulkan sesuai kajian ilmiah, artinya bisa dipertanggungjawabkan bagaimana cara mengumpulkan datanya terstandar sesuai dengan kaidah, norma dan konsep serta definisi,” ujar Riyadi. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: