PDIP SBB Tanam Pohon di Desa Persiapan Ursana

ZonaInfo.id, Piru – Politik Hijau diimplementasikan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan menanam ratusan pohon Gaharu di desa persiapan Ursana, Kecamatan Inamosol, Minggu (23/1/2022).

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang, Anak Cabang, Pengurus Ranting Desa Ursana dan Pengurus Ranting Desa Uraur terlibat dalam penanaman pohon itu.

Areal yang ditanam sekitar satu hektar. Kurang lebih 100 anakan pohon Gaharu yang ditanam pada lahan gersang yang hanya ditumbuhi alang-alang itu.

Ketua DPC PDIP Kabupaten SBB, Zet Mariyate mengatakan, PDIP selalu konsen dan peduli dengan penanaman pohon, karena ini perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Ibu selalu cinta akan alam dan lingkungan yang hijau. Karena alam dan lingkungan ini adalah titipan generasi muda untuk kita harus menjaga dari kerusakan baik dikarenakan oleh alam atau oleh  pembalakan liar yang dilakukan oleh manusia, yang pada suatu waktu akan terjadi bencana alam yang akan mengancam keselamatan manusia dikemudian hari,” ujar Mariyate.

Mariyate mengungkapkan, penanaman pohon Gaharu dilakukan di lahan milik Metusala Koli yang adalah lahan kritis.

“Ini untuk mengembalikan lagi humus tanah dan kepentingan jangka panjangnya adalah mengembalikan sumber air dan mencegah banjir. Tapi yang paling terpenting jenis tanaman Gaharu ini memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan dikemudian hari,” ungkapnya.

Lanjutnya, jika tanaman Gaharu sudah masuk pada usia produksi maka akan memberikan dampak ekonomi yang baik bagi yang punya lahan dan warga sekitar.

“Kita menyiapkan penguatan ekonomi jangka panjang bagi Bung Metusala Koli dan warga di sekitar desa persiapan Ursana. Kedepan tinggal menjaga dan merawat tanaman Gaharu ini,” harap Mariyate.

Ia menambahkan, penanaman pohon yang dilakukan juga bagian dari perayaan HUT Ketua Umum Megawati Soekarnoputri Putri ke-75. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: