Kadis PU SBT Pastikan Normalisasi Sungai Secepatnya Dilakukan

ZonaInfo.id, Bula – Sejumlah sungai secepatnya akan dinormalisasi sebagai upaya mengatasi banjir yang sering terjadi di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten SBT, Umar Bilahmar saat meninjau titik banjir di Bula bersama Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, Sabtu (15/1/2022).

“Kami dan BWS sudah melihat langsung, dan secepatnya kami akan lakukan normalisasi sungai, diupayakan dalam waktu dua minggu terakhir ini,” kata Bilahmar.

Dikatakan, normalisasi sungai akan dilakukan sesuai dengan hasil tinjauan BWS Maluku. “Ini sesuai dengan hasil kunjungan Balai Wilayah Sungai,” ujarnya.

Lanjutnya, kedatangan pihak BWS Maluku di Kota Bula dengan agenda memantau titik banjir sesuai hasil koordinasi Pemda SBT.

” Jadi nanti pihak BWS Maluku siapkan bronjong dalam waktu dekat ini, dan ini langkah awal Pemda SBT karena untuk mengatasi banjir di Bula ini setidaknya membutuhkan anggaran lebih dari 60 Miliar,” ungkap Bilahmar.

Ia menambahkan, Pemda SBT terus berupaya untuk mengatasi masalah banjir di Kota Bula. Namun kerja sama masyarakat dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan.

Seperti diberitakan, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, memberikan target kerja kepada Kepala Dinas PU, Umar Bilahmar.

Target yang diberikan adalah melakukan normalisasi sejumlah sungai dalam waktu dua minggu. Jika tak tuntas, Bupati akan melakukan evaluasi.

“Ini untuk mengukur kinerja mereka, sekaligus sejauh mana kepedulian mereka terhadap kemajuan daerah,” tandas Keliobas saat meninjau titik banjir di Kota Bula, Sabtu (15/1/2022).

Balai Wlayah Sungai bersama konsulatan sudah memantau langsung titik banjir seperti kali di pantai Tikus, Air Kabur-kabur, Kali Wailola, dan Kali Waegondal.

“Mereka pantau langsung, dan dipastikan waktu dekat ini bronjong sudah tiba di Bula,” ungkap Keliobas. (ZI-16)

%d blogger menyukai ini: