Pembangunan Jalan di Bursel Dituntaskan, Bandara Diperpanjang

ZonaInfo.id, Namrole – Deputi I Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Tetelepta menegaskan, pembangunan sejumlah jalan di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) harus dituntaskan. Bandara Namrole juga akan diperpanjang.

Hal ini ditegaskan Tetelepta dalam sambutannya sebagai Ketua Umum Pengurus Nasional Perkumpulan Senior GMKI pada pelantikan Pengurus Cabang Senior GMKI Kabupaten Buru Selatan Periode 2021-2024, Rabu (3/11/2021) di Lantai II Aula Kantor Bupati Buru Selatan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati, Hj. Safitri Malik Soulisa dan Gerson Eliaser Selsily, Wakil Ketua DPRD La Hamidi, pimpinan OPD, Ketua-ketua OKP serta pengurus dan anggota GMKI.

“Saya datang berkunjung resmi sebagai Deputi I untuk melihat dan mendorong pembangunan di Buru Selatan saat ini adalah, pertama, untuk memastikan jalan Namrole-Leksula harus selesai dalam waktu dekat ini, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan ekonomi baru dalam pembangunan di Buru Selatan,” ujar Tetelepta.

Selanjutnya Tetelepta akan mendorong Balai Jalan untuk menyelesaikan pembangunan jalan pantai Namlea-Namrole.

“Kedua, kita juga mendorong Balai Jalan untuk kita melihat tentang jalan akses pantai Namlea ke Namrole, sehingga kurang lebih delapan kilo yang tersisa harus diselesaikan oleh provinsi,” tandasnya.

Ia menegaskan, tukar guling akan dilakukan. Jalan yang ada di gunung akan diambil alih oleh provinsi dan jalan yang di pantai akan dibangun oleh Balai Jalan.

“Sehingga konektivitas pembangunan yang ada di daerah pantai bisa menjadi perhatian,” ujar Tetelepta.

Kata Tetelepta, apa gunanya membangun jalan di daerah pegunungan, namun hanya dilalui oleh satu desa.

“Kalau bangun jalan di pantai maka desa-desa nelayan yang selama ini sulit untuk memasarkan mereka punya hasil tangkapan, akan bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Lanjutnya, hal ketiga yang akan dilakukan adalah perpanjang Bandara Namrole. Sebab, konektivitas Bandara sangat penting.

“Dari yang saya pelajari, mungkin saya keliru tolong dikoreksi, kalau musim ombak sangat sulit sekali. Mau tidak mau evakuasi udara itu sangat penting. Apabila ada orang sakit bertepatan musim ombak pasti sangat berbahaya sekali. Jika ada penerbangan maka akan berjalan dengan baik,” ujar Tetelepta.

Menurutnya, kekuatan Buru Selatan dengan tingkat hujan yang tinggi adalah pertanian dan laut yang indah. Namun untuk menarik orang datang harus memiliki konektivitas transportasi yang baik.

Sebagai Ketua Umum Pengurus Nasional Perkumpulan Senior GMKI, Tetelepta berharap Perkumpulan Senior GMKI Buru Selatan dapat menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah.

Sementara Bupati Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelantikan Pengurus Cabang Senior GMKI Kabupaten Buru Selatan periode 2021-2024.

Dikatakan, mengamati dinamika dewasa ini, tuntutan, keterbukaan dan profesionalisme terhadap seluruh kinerja pemerintah terus mengalir.

“Hal tersebut bentuk manifestasi dari perkembangan era reformasi yang merupakan titik perkembangan konsep kedaulatan rakyat menuju terciptanya good governance dan  clean government di negara kita,” ujar Safitri.

Lanjutnya, upaya perbaikan dan penataan sistim pemerintah secara baik, bersih, transparan dan akuntabel, dengan terus memperbaiki banyak program bertumpuk pada tiga pilar utama yaitu meningkatkan kualitas SDM yang handal, penegakan hukum dan peningkatan ekonomi kerakyatan dalam arti luas.

Ia menambahkan, perjalanan panjang perkumpulan senior GMKI hingga kini bukan suatu kebetulan, melainkan karena ketulusan komitmen serta ikthiar dari anggota alumni serta yang tergabung dalam Perkumpulan Senior GMKI. (ZI-11)

%d blogger menyukai ini: