Tangani Sampah Plastik, Pemkot Ambon Akan Bangun Pabrik

ZonaInfo.id, Ambon – Untuk menangani sampah-sampah plastik, Pemerintah Kota Ambon akan membangun pabrik plastik yang berlokasi di Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan.
Pernyataan ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada media ini di Ambon, belum lama.
Menurutnya, pabrik plastik ini akan mengolah seluruh residu dari prodak ekonomis yang bisa menguntungkan.
Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon, Alfredo Hehamahua saat dikonfirmasi, Senin (11/10) mengakui, pemerintah Kota Ambon melalui dinas ini telah melakukan MoU  dengan investor terkait dengan rencana pembangunan pabrik plastik di Kota Ambon.
“Dasarnya di Kota Ambon tidak mempunyai pasar, artinya ketika kita kelola sampah anorganik (sampah plastik) harus punya pasar, namun pasarnya ada Makassar dan Surabaya sehingga jarak, waktu serta kost sangat berpengaruh,” katanya.
Menurutnya, ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam rencana pembangunan pabrik sampah plastik ini, yakni pertama  aspek pendapatan masyarakat, dimana mereka yang bekerja sehingga dengan sendiri pemerintah secara langsung menjemput bola.
Kedua, penyerapan tenaga kerja, dimana ada TPS dan semua tergantung di sana. Ada juga penerapan tenaga kerja untuk keamanan dan perusahaan. Jadi perusahaan ada di Hutumuri, kalau PST itu salah satu yang mendukung ketersedian stok bahan baku di pabrik.
“Rencana beroperasi paling tidak sampai akhir 2021 sudah selesai pembangunan dan ijinnya sementara dalam proses baik lewat PU, PTSP,” jelasnya.
Ketiga, Penanganan sampah plastik, yang baik sehingga semuanya akan lebih mudah teratasi, seperti pengepul besar  yakni bank sampah akan jemput bola.
“Hal ini dinilai baik daripada para pengunjuk  kirim ke Jawa dengan cost yang besar dan waktu yang lama, kejelasan harga plastik kecil, namun dengan adanya pabrik plastik di Kota Ambon maka harganya akan normal,” ucap Hehamahua. (ZI-17)
%d blogger menyukai ini: