KPK Tangkap Azis Syamsuddin, Golkar Siapkan Pergantian Wakil Ketua DPR RI

ZonaInfo.Id, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin ditangkap dan langsung diboyong ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK menangkap Azis Syamsuddin di rumah orangtuanya, di Jalan Gedung Hijau II, No. 11, RT 02/13, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Jumat (24/9/2021).

Salah satu penghuni rumah Azis mengatakan, Azis memang sudah dibawa pergi dari rumahnya itu tadi. Hanya saja, penghuni rumah tersebut tak menjelaskan bersama siapa Azis dibawa pergi oleh penyidik KPK tersebut. “Iya sudah dibawa tadi” ujar penghuni rumah Azis, Jumat (24/9/2021), seperti dikutip dari Sindonews.com.

Sementara itu, Ketua RT 02, Adrian menambahkan, rumah bernomor 11, bercat merah dan putih itu memanglah rumah Azis. Hanya saja, rumah tersebut bukan rumah pribadinya, tapi rumah milik orangtuanya meski tak disebutkan siapa nama orangtua Azis tersebut. “Ini yang jelas (benar) rumah orangtuanya” kata Adrian.

Berdasarkan pantauan, tampak rumah Azis sepi dan tertutup rapat di bagian pagarnya, lampu-lampunya pun hanya tampak di dalam rumah utamanya saja sehingga dari luar tampak gelap. Terpantau, ada beberapa mobil yang keluar masuk di kediaman rumah Azis tersebut.

Azis Tampak Santai

Azis Syamsuddin tiba di KPK Jumat (24/9/2021) malam. Azis sendiri bakal diperiksa terkait perkara dugaan korupsi di Lampung Tengah.

Pantauan MNC Portal, Azis yang mengenakan pakaian tiba di gedung anti rasuah sekitar pukul 19.53 WIB. Azis pun nampak santai dan memillih masuk ke lobi Gedung KPK.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan pihaknya berhasil menemukan Azis Syamsuddin. Azis diciduk di rumahnya kawasan Jakarta Selatan.

Firli mengungkapkan sebelum diboyong ke KPK, Azis dipersilakan untuk bersiap-siap dan menunggu penasihat hukumnya. “Yang bersangkutan kami persilakan mandi dan persiapan dulu. Sambil menunggu penasehat hukum” ujar Firli.

Bahkan, Firli mengungkapkan Azis telah dinyatakan negatif Covid-19 setelah tim KPK melakukan swab test antigen Azis. &Test swab antigen negatif,& kata Firli.

Firli mengungkapkan, dalam pencarian itu tim penyidik juga diikuti tim satuan tugas penanganan Covid-19. “Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi keprihatinan kita maka tentu kami mengikutsertakan Tim Covid-19 untuk memastikan kondisi beliau$ jelasnya.

Golkar Siapkan Pergantian

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah menentukan langkah lanjutan dalam menyikapi kasus hukum yang menyeret nama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.

“Iya kita tunggu status hukum Pak Azis seperti apa malam ini” ujar Ketua Bakumham DPP Partai Golkar saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (24/9/2021) malam.

Salah satu langkah yang akan dibahas DPP Partai Golkar, kata dia, apabila lembaga antikorupsi menetapkan Azis Syamsuddin sebagai tersangka atas kasus hukum yang menyeretnya.

“Jika benar beliau ditetapkan tersangka dan ditahan maka tentu Partai Golkar akan melakukan langkah pergantian posisi Wakil Ketua DPR RI sesuai mekanisme baik yang ada di internal partai maupun sesuai UU MD3” jelas dia. (*)

%d blogger menyukai ini: