Kaders Posyandu Kairatu dapat Pelatihan

ZONAINFO.ID, Piru – Untuk mengembangkan Desa Kairatu sebagai Desa Peduli Anak, Ibu-ibu PKK, Remaja Masjid dan Angkatan Muda GPM  yang terlibat dalam kaders Posyandu Kairatu mengikuti pelatihan.

Pelatihan kaders Posyandu ini dibuka oleh  Penjabat Kepala Desa Kairatu,  Pebri Jacobus Ruspanah, Sabtu (11/9/2021l bertempat di balai Desa Kairatu.

Ruspanah berharap kegiatan pelatihan kaders posyandu ini bisa membawa manfaat untuk penguatan kapasitas bagi ibu – ibu kaders posyandu untuk memberikan pelayanan yang terbaik buat ibu hamil, ibu menyesui dan balita.

“Stanting ini merupakan program nasional yang harus mendapat perhatian khusus dari kami pemerintah desa dan menjadi program skala prioritas. Sebab ini menyangkut pertumbuhan dan perkembangan balita yang benar-benar kita pastikan sehat, Sebabb kalau bayi sehat Indonesia tumbuh, Indonesia cerdas, Indonesia maj,” katanya.

Kegiatan pelatihan kader posyandu ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Poltekes Maluku.

Ditempat yang sama,  dosen Poltekes Ambon Baharudin  mengatakan, kegiatan stanting ini adalah program dari Kemenkes Poltekkes Maluku jurusan Gizi tentang pengabdian masyarakat.

Visi dari kami itu adalah dapat membrantas stanting yang adalah program nasional. Jadi Kami juga menginformasikan bagi masyarakat bagaimana cara membrantas stanting. Yaitu dengan cara penyampaian materi dengan cara diskusi terbuka, dan juga mengidentifikasi mana yang kenal stanting dan mana yang tidak kenal stanting. Jadi mengidentifikasi itu penting,” Tandas Baharudin.

Pihaknya juha mendukung program Pemerintah Provinsi Maluku.

Dijelaskan Poltekes Maluku jadikan Desa Kairatu sebagai target atau dempel stanting karena dalam survei dan kajian yang  dilakukan, ibu-ibu kaders posyandu sangat antusias dan peduli terhadap stanting dan pemerintah desa sangat mendukung khusus untuk stanting,.

“kami melihat penjabat kepala desa ini selalu menjadi garda kedepan. Bahkan keterlibatan ibu-ibu PKK, remaja masjid dan Angkatan Muda GPM, yang mana sering kegiatannya di awasi oleh Puskesmas kairatu,” ujarnya.

Intinya kerja sama dan kordinasinya baik. Itulah yang menjadi pertimbangan. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: