Lintas Daerah

Berada di Posisi 5 Popmal IV, KONI SBB Puji Prestasi Atlet

ZonaInfo.id, Piru – Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) berada di posisi lima perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV Tahun 2022.

Pada ajang olahraga empat tahunan yang berlangsung 17-27 November itu, Kabupaten SBB berhasil menyabet 42 medali. Terdiri dari 7 medali emas, 10 perak, dan 25 perunggu.

Empat medali emas dipersembahkan dari cabang olahraga kempo, dua dari pencak silat dan 1 medali dari panjat tebing.

KONI Provinsi Maluku mempertandingkan 17 cabang olahraga, dan KONI SBB mengikuti 11 cabang olahraga yaitu: atletik, karate, kempo, wushu, taekwondo, pencat silat, tinju, panjat tebing dan catur.

Kendati berada di peringkat lima, namun KONI SBB memuji prestasi yang diraih para atlet.

“Ini suatu prestasi yang luar biasa. Tanpa training center (TC) dan keterbatasan fasilitas, para atlet mengukir prestasi yang terbaik buat Kabupaten SBB,” ujar Plt Ketua KONI Kabupaten SBB, Recyson Fredy Pentury, Rabu (30/11/2022).

Kata dia, para atlet muda ini hanya bermodal bakat alam dan semangat bisa memberikan kontribusi besar bagi olahraga di Maluku dan khususnya Kabupaten SBB.

Pentury berharap Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten SBB mengalokasikan anggaran untuk membangun sarana dan prasarana olahraga yang memadai guna pengembangan SDM di bidang olahraga.

“Sudah 11 belas tahun tidak ada satupun fasilitas olahraga milik Pemerintah Kabupaten SBB,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBB, Abraham Tuhenay menyampaikan apresiasi  kepada penjabat Bupati, Sekda serta anggota dan pimpinan DPRD yang telah memberikan atensi yang besar kepada kontingen SBB

“Termasuk seluruh pimpinan cabang olahraga dan para atlet yang telah memberikan prestasi terbaik di ajang Popmal IV tahun 2022,” ujarnya.

Tuhenay menambahkan di balik kesuksesan kontingen SBB, ada pemberitaan miring di sejumlah media online maupun beredar di media sosial terkait uang harian yang dipersoalkan simpai kempo. Ia menyesalkan pemberitaan itu tidak sesuai dengan fakta. (ZI-14)