Dinkes SBB Gelar Berbagai Lomba Semarakkan HKN

ZonaInfo.id, Piru – Menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang diperingati setiap 12 November, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar berbagai lomba.

Berbagai lomba diantaranya senam sehat, karaoke, dan kreasi cuci tangan pakai sabun yang diikuti semua pegawai di setiap Puskesmas, Jumat (11/11/2022), yang berlangsung lingkungan Kantor Dinkes SBB.

“Kami laksanakan mulai Jumat sampai hari puncak HKN Sabtu,” jelas Ketua Panitia Penyelengara Kegiatan HKN, Wahab Waleulu di sela-sela perlombaan.

Wahab mengatakan lomba senam sehat bugar sebagai salah satu pilihan olahraga untuk menciptakan kondisi tubuh yang sehat dan bugar, sehingga kinerja sehari-hari akan lebih optimal.

Lomba ini diikuti oleh setiap regu terdiri dari 8 hingga 10 orang. Peserta berasal dari Puskesmas Piru, Luhu, Gemba, Kamariang, Kairatu, Taniwel, Waesala, Tanah Goyang dan Puskesmas lainnya yang tersebar di 11 kecamatan.

Setiap peserta akan dinilai dari gerakan pemanasan, gerak inti, gerak pendinginan, variasi gerakan, kekompakan tim, keserasian antara gerak dan musik, keseragaman tim, dan jumlah tim yang sesuai dengan ketentuan.

“Gelarnya kegiatan ini untuk memperbanyak kader-kader kesehatan di masyarakat, dalam rangka menurunkan angka penyakit tidak menular, seperti jantung, stroke, dan lain-lain. Dan penyakit itu bisa dicegah dengan aktivitas dan teratur, semisal olahraga. Dengan aktivitas fisik secara rutin dengan makan sayur dan buah secara berkala maka kita akan menjadi lebih sehat,” terang Wahab.

Selain saling mengenal diharapkan melalui kegiatan lomba ini pegawai di setiap Puskesmas berupaya membangun dan memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

“Kami mengisi kegiatan peringatan HKN ini dengan wujud persaudaraan, saling mengenal sesama pegawai yang bertugas di Puskesmas. Melalui HKN ini juga para tenaga kesehatan terus membangun mutu pelayanan dan pengembangan kesehatan sebagai wujud SBB sehat,” ujar Wahab. (Zl-19)

%d blogger menyukai ini: