Wattimena Minta ASN Pemkot Ambon Hindari Benturan Kepentingan

ZonaInfo.id, Ambon – Penjabat Wali Kota, Bodewin M. Wattimena meminta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menghindari diri dari benturan kepentingan.

Wattimena menyampaikan hal ini kepada wartawan, di sela-sela sosialisasi peraturan Wali Kota Ambon Nomor 49 tahun 2020 dan tentang pedoman penanganan benturan kepentingan di lingkungan Pemerintah Kota Ambon, Selasa (8/11/2022) di Balai Kota Ambon.

Potensi benturan kepentingan, kata Wattimena ada di mana-mana. Apalagi di Pemkot Ambon yang kerjanya menghasilkan kebijakan-kebijakan pemerintahan, pelayanan publik dan pembinaan masyarakat.

“Kita mau memperbaiki situasi dan kondisi di Pemerintah Kota Ambon tentu memperbaiki ke arah yang lebih baik. Nah, hari ini sama-sama kita melakukan sosialisasi tentang Peraturan Wali Kota Nomor 49 tahun 2020 tentang pedoman penanganan benturan kepentingan di lingkungan Pemerintah Kota Ambon,” ujarnya.

Menurut Wattimena menghindari benturan kepentingan harus dimulai dari pimpinan.

“Artinya ya kalau pimpinannya termasuk pimpinan OPD memahami sungguh tentang apa itu yang menyebabkan benturan kepentingan, lalu apa yang mesti kita hindari supaya tidak terjadi benturan kepentingan, maka pasti tidak terjadi benturan kepentingan dalam proses pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah kota,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan memahami benar tentang Peraturan Wali Kota ini maka seluruh jajaran pemerintah kota yang dimulai dari pimpinan OPD, Penjabat Wali Kota Ambon, Sekretaris Kota Ambon, menghindari benturan kepentingan.

“Tujuan kita kan melakukan pelayanan publik dengan baik. Itu berarti sesuai dengan aturan, tidak menyalahi aturan,” tandasnya.

Lanjut Wattimena turut berterima kasih kepada KPK yang sudah mau datang dan memberikan pemahaman supaya ke depan seluruh jajaran ASN di Pemkot Ambon dapat melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan menghindarkan diri dari benturan kepentingan atau konflik kepentingan.

Sementara itu Ketua Tim Korsupgah Wilayah V, Dian Ali mengatakan rangkaian kegiatan KPK sebelumnya pencegahan pasca penindakan.

“Saya merasa ini momen yang bagus.  Apa yang disampaikan Wali Kota Ambon untuk berani menolak sesuatu yang salah dan kita ingatkan untuk menghindari dari konflik kepentingan,” tandasnya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: