Pengurus Nusamba Buru Selatan Dilantik

ZonaInfo.id, Namrole – Ketua Latupati Nusalaut, Frangky Leiwakabessy dan Raja Ambalau, Ali Loilatu melantik Pengurus Persatuan Ade Kaka Nusalaut -Ambalau (Nusamba) Kabupaten Buru Selatan Periode 2022-2024.

Pelantikan yang berlangsung di Tribun Alun-alun Kota Namrole, Sabtu (5/11/2022), berdasarkan SK Nomor 01/PD/X/2022.  Sebagai Ketua Umum, Edwin Tahapary dan Sekretaris Umum, Ahmad Moony.

Hadir dalam acara pelantikan adat kedua negeri tersebut, Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Eliaser Selsily, 7 Raja dari Nusalaut, Raja Ambalau, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan dan anggota DPRD Buru Selatan, pimpinan OPD dan masyarakat.

Bupati Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati mengapresiasi pelantikan dan deklarasi kepengurusan Nusamba Kabupaten Buru Selatan periode 2022-2024.

Selsily mengatakan Nusamba merupakan satu rahim sejak leluhur dan ikatan ini perlu terus dipupuk.

“Tujuh negeri Pulau Nusalaut dan Pulau Ambalau yang merupakan ikatan mata hati dan batin yakni, 1 bapa dan 1 mama yang perlu dipupuk dan saling baku sayang,” ucapnya.

Lanjutnya, tatanan adat yang ada di dua pulau ini sama halnya dengan kondisi yang ada di Kabupaten Buru Selatan.

“Dimana sejarah juga mencatat bahwa, tanah Puka Bipolo selalu menghormati sebagai orang Kai Wait yaitu, selalu menghormati adik dan kaka sebagai orang basudara di Tana Puka Bipolo,” jelas Selsily.

Pengukuhan organisasi Nusamba di Kabupaten Buru Selatan, kata Selsily ke depan akan menjadi berkembang, dan diharapkan membantu pemerintah daerah dalam pemerintahan.

“Olehnya itu dengan pelantikan ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam rangka kelancaran roda pemerintahan Kabupaten Buru Selatan,” ujarnya.

Selsily juga mengingatkan jika ada permasalahan di organisasi Nusamba agar diselesaikan dengan baik demi menopang pemerintah daerah dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Buru Selatan. (ZI-11)

%d blogger menyukai ini: