KPU Buru Lepas Tim Verfak Parpol Tahap Dua

ZonaInfo.id, Namlea – Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole melepas tim verifikasi faktual (Verfak) tahap dua di pelataran Kantor KPU setempat menuju lima kecamatan, Selasa (25/10/2022).

Soamole dalam arahannya mengatakan tim yang diturunkan ke lapangan untuk melakukan Verfak terhadap keanggotaan partai politik pentingnya memahami tugas dan fungsinya dalam bekerja.

“Selain itu, semua tim diharapkan bekerja sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku terutama yang tertuang dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2022 serta Pedoman Teknis Nomor 384 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik calon perserta pemilu tahun 2024,” jelas Soamole.

Tim Verfak tahap dua diterjunkan ke lima kecamatan yaitu Kecamatan Waeapo, Lolongguba, Waelata, Teluk Kayeli dan Kecamatan Batabual selama 3 hari ke depan untuk memfaktualkan keanggotaan parpol sebanyak 319 sampel dari 9 parpol yang dilakukan verifikasi.

“Kami berharap sungguh, teman-teman tim Verfak bekerja sesuai prosedur dan mekanisme lalu berkoordinasi dengan Kepala Desa, Sekdes/Kadus, RT/RW jelaskan maksud dan tujuan kedatangan teman-teman di desa tersebut guna bisa menemui warga masyarakat yang hendak difaktualkan itu ” ujar Soamole.

Lanjut Soamole, sebelumnya pada tanggal 20 hingga 23 Oktober telah dilakukan proses Verfak di Kecamatan Namlea, Lilialy, Waplau, Fenaleisela dan Kecamatan Airbuaya.

“Sampel yang diturunkan oleh KPU RI lewat aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) di Kabupaten Buru untuk 9 Parpol sebanyak 1.232 jumlah sampel,” ungkapnya, sembari menambahkan keanggotaan parpol yang hendak difaktualkan oleh tim verifikasi tersebut di 10 kecamatan.

Saat pelepasan tim Verfak Ketua KPU Buru Munir Soamole didampingi oleh Komisioner KPU Kabupaten Buru  Faisal Amin Mamulaty, Mirja Ohoibor dan Gawi Gibrihi.

Pelepasan ditandai dengan pemakaian atribut tim berupa rompi dan topi yang secara simbolis diserahkan oleh Faisal Amin Mamulaty selaku Ketua Devisi Teknis Penyelenggara KPU Buru sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan verifikasi faktual terhadap 9 partai politik calon peserta pemilu tahun 2024.

Verfak dilakukan terhadap sembilan parpol yaitu Partai Hanura, PBB, PKN, Perindo, PSI, Ummat, Garuda, Buruh dan Partai Gelora. (ZI-18)

%d blogger menyukai ini: