Kota

Pemkot Tunggu Realisasi Dana Gempa Tahap II dari BNPB

ZonaInfo.id, Ambon – Pemerintah (Pemkot) Ambon sementara menunggu realisasi dana bencana gempa tahap II dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Data rumah warga yang mengalami kerusakan sudah disampaikan Pemkot ke BNPB.

“Untuk pencairan itu kewenangan pusat, kita hanya memperjuangkan, memberikan data. Jadi, Pemkot hanya menanti,” ungkap Penjabat Wali Kota Ambon,  Bodewin M. Wattimena saat program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) di Balai Kota, Jumat (21/10/2022).

Wattimena mengungkapkan sebelumnya BNPB tidak lagi menyelesaikan anggaran tersebut, tetapi Pemkot bersikeras agar diselesaikan. Sebab apabila pencairan hanya pada satu pihak yakni untuk korban gempa yang kerusakannya berat, maka akan menimbulkan permasalahan pada dua kategori kerusakan lainnya, yakni rusak ringan, dan rusak sedang.

“Saya katakan tidak bisa, kecuali dari awal kebijakan ini hanya untuk rusak berat mereka tidak mau bantu yang rusak sedang dan ringan, saya bilang siapa yang mau tanggung jawab dengan gejolak yang terjadi di Kota Ambon dan saya menolak,” jelasnya.

Karena itu BNPB menyetujui pertimbangan tersebut, dan kemudian memanggil Pemkot untuk memasukkan data warga terdampak bencana gempa bumi tahun 2019, yang kemudian akan segera dicairkan hak mereka.

“Mereka merespon dengan positif  Kepala Pelaksana BPBD Kota telah dipanggil, dan mereka sudah setuju untuk kategori berat, sedang, ringan,” ujar Wattimena.

Ia meminta warga Kota Ambon yang terdampak bencana gempa 3 tahun silam agar bersabar. Anggaran tersebut tetap akan dicairkan, dan langsung ke rekening mereka.

Kata Wattimena, Pemkot hanya sebagai perantara, sehingga tidak perlu khawatir akan ditahan di kas daerah. (ZI-10)