Ragam

KM Salsabila Bermuatan 35 Ton Minyak Tanah Terbakar di Perairan Tulehu

ZonaInfo.id, Ambon – Kapal Motor (KM) Sayang Salsabila bermuatan BBM jenis minyak tanah terbakar di perairan Pelabuhan Speedboat di Dusun Mamoking, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Peristiwa kebakaran terjadi pada Kamis (20/10/2022) sekitar pukul 23.00 WIT.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Moyo Utomo menjelaskan kapal tersebut terbakar, setelah keluar percikan api dari karburator mesin.

Menurut keterangan saksi Arobi (30), ia bersama dengan ketiga temannya yaitu Samsudin, Malik dan La Simina sementara bekerja di dalam kamar mesin kapal, tiba-tiba mesin lampu padam.

“Kemudian saksi bersama Malik naik ke atas dek kapal untuk menghidupkan mesin. Sesampainya di dek kapal saksi langsung menghidupkan mesin dan setelah mesin hidup tiba-tiba percikan api keluar dari karburator mesin,” ungkap Moyo, Jumat (21/10/2022) malam.

Saat itu api langsung menyala. Kemudian saksi bersama Malik mencoba untuk memadamkan api dengan cara membasahi kain dan menutupi api tersebut.

Namun kobaran api tidak dapat dipadamkan sehingga api menjadi besar dan menjalar ke dek depan yang berisikan minyak tanah sehingga api bertambah besar dan langsung membakar habis kapal beserta isinya.

Sekitar pukul 23.15 WIT personil Polsek Salahutu tiba di TKP. Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun La Simina dan Arobi mengalami luka ringan di kaki.

Kerugian material akibat kebakaran itu yaitu 1 unit kapal beserta isinya dan -+ 35 ton minyak tanah.

“TKP sudah dilakukan pemasangan police line oleh Polsek Salahutu,” jelas Moyo. (ZI-10)