Ragam

Setiap Hari Warga Antre di SPBU, Pertamina: Tak Ada Pembatasan Pembelian Pertalite dan Solar di Ambon

ZonaInfo.id, Ambon – Setiap hari warga antre untuk membeli Pertalite dan Solar di sejumlah SPBU di Kota Ambon. Stok di SPBU juga terkadang terbatas.

Pihak Pertamina ngaku tidak ada pembatasan pembelian Pertalite di Ambon, termasuk Solar. Jika ada pembatasan pembelian itu merupakan kebijakan masing-masing SPBU.

Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengatakan masyarakat di wilayah Ambon tidak perlu khawatir sulit mendapatkan BBM. Sebab stok aman.

“Dari Terminal Wayame sudah terima BBM masuk dari kapal tanker, dan untuk stok biosolar bisa bertahan selama 15,7 hari,” ungkap Edi dalam rilis yang diterima Redaksi ZonaInfo.id, Kamis (25/8/2022).

Edi mengatakan, Pertamina selalu siaga melakukan penyaluran setiap saat sehingga masyarakat dapat menikmati BBM tanpa ada masalah.

Dari data yang tercatat, khusus untuk penyaluran Solar di Bulan Juli 2022 sekitar 21,08 KL per hari. Kemudian di bulan Agustus 26,22 KL per hari atau lebih tinggi 24,37%.

“Artinya ada peningkatan kebutuhan atau peningkatan aktivitas masyarakat atau perekonomian di Kota Ambon dan sekitarnya,” jelasnya.

Menurutnya, terjadi antrean panjang untuk membeli Pertalite dan Solar kemungkinan karena SPBU berdekatan dengan kendaraan yang berlalu lintas sehingga terlihat menjadi lebih padat antrean di sekitar SPBU.

“Apalagi saat ini kondisi hujan di Ambon sehingga jalan terlihat menjadi lebih padat dan ramai, sehingga jalan masuk ke SPBU juga terkesan ramai,” ujar Edi.

Jika memang ada pembatasan pembelian Pertalite ataupun Solar, kata Edi, bisa jadi karena kebijakan masing-masing SPBU.

Edi menegaskan pihaknya berkomitmen untuk menindak tegas pihak SPBU yang melakukan pelanggaran terhadap penyaluran BBM khususnya bersubsidi di seluruh wilayah Papua-Maluku.

Ia mengajak masyarakat pengguna BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar untuk melakukan registrasi kendaraan. (ZI-10)