Lintas Daerah

Dinas Pemdes SBB Identifikasi Desa Yang Akan Ikut Pilkades Serentak

ZonaInfo.id. Piru – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten Seram Bagian Barat mengidentifikasi desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) tahap III.

Sebanyak 25 desa di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang belum menyelenggarakan Pilkades.

Kepala Dinas Pemdes Kabupaten SBB, Rein Lisapaly didampingi sekretaris dinas Emelia Leitemua melakukan pertemuan dengan perangkat Desa Kamal, Manusa dan perangkat Desa Kairatu, di Kantor Desa Kairatu, Kamis (4/8/2022).

Turut hadir tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, Camat Kairatu Barat, Camat Inamosol dan Camat Kairatu.

Lisapaly dalam arahannya mengatakan kehadiran pihaknya untuk mengidentifikasi desa-desa yang akan mengikuti Pilkades serentak tahap III.

Ia menjelaskan setiap calon kepala desa akan menjalani uji kompetensi berupa seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara.

“Jadi ini sebuah inovasi baru yang diinginkan oleh penjabat Bupati yang baru pernah terjadi di Maluku,” ujarnya.

Bukan hanya itu, kata Lisapaly, pihaknya akan menyurati kepolisian dan kejaksaan untuk meminta penjelasan apakah kepala desa yang dicalonkan bermasalah ataukah tidak.

“Ini menjadi gambaran bagi kita bahwa pemilihan kepala desa tahap III ini bisa berjalan,” tandasnya.

Ia mengatakan penjabat Bupati menginginkan di awal 2023 tidak ada lagi desa yang belum melaksanakan pemilihan kepala desa.

“Menjelang agenda nasional di tahun 2024 tidak ada lagi penjabat kepala desa. Karena penjabat kepala desa memiliki keterbatasan kewenangan,” jelasnya.

Lisapaly menegaskan pihaknya hanya bertugas mengidentifikasi dari 25 desa yang ada, mana yang mau mengikuti Pilkades serentak tahap III.

Desa yang tidak menyelenggarakan Pilkades tahun ini, maka tahun 2027 baru bisa menggelar pesta demokrasi di tingkat desa ini.

“Untuk tiga desa ini kita ingin menyerap informasi mana desa yang mau mengikuti pemilihan kepala desa serempak tahap III,” ujar Lisapaly.

Sekretaris Desa Kairatu, Elsauders Ruspanah menyampaikan kalau Desa Kairatu akan ikut Pilkades serentak tahun ini.

“Anggarannya sudah kami masukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa tahun 2022,” ujarnya.

Sementara untuk Desa Kamal dan Manusa diberikan waktu untuk membicarakan lagi dengan berbagai unsur masyarakat di kedua desa. (ZI-14)