Ragam

Kadivpas Maluku Tinjau Layanan Kunjungan Tatap Muka di Lapas Ambon

ZonaInfo.id, Ambon – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Saiful Sahri mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon.

Kedatangan Alumnus Ilmu Akademi Pemasyarakatan ke-29 ini untuk meninjau kesiapan petugas sekaligus  jalannya layanan kunjungan tatap muka hari pertama di Lapas Ambon, Kamis (7/7/2022).

Tiba di Lapas Ambon, Saiful Sahri yang didampingi Kepala Sub Bidang Keamanan, Alvantino Riski Satriyo meninjau langsung sejumlah fasilitas layanan kunjungan seperti ruangan pendaftaran, video call,  penggeledahan badan dan barang, serta ruangan besuk.

Mantan Kalapas Ambon ini menegaskan jalannya layanan kunjungan layanan harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengaju pada Surat Edaran (SE) Nomor PAS-12.HH.01.02 tahun 2022 tentang penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.

“Kesiapan petugas perlu dalam layanan kunjungan kali ini. Untuk itu, seluruh petugas untuk selalu berkoordinasi dan komunikasi agar layanan kunjungan tatap muka ini dapat berjalan sesuai peritnah Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang tertuang dalam surat edarannya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, tak lupa ia memberikan motivasi kepada pegawai lapas untuk selalui memberikan pelayanan prima bagi WBP maupun masyarakat.

“Kita sebagai petugas Pemasyarakatan harus menunjukan sikap Pelayanan Prima dalam melaksanakan kegiatan ini sebaik mungkin kepada para keluarga warga binaan, sehingga mereka akan merasa nyaman, dan puas,” pesan Saiful Sahri.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Lapas Ambon, Mulyoko mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana dengan baik. Petugas pun telah siap dengan kesiagaan dengan tetap berpegang teguh pada SOP yang berlaku.

“Sapras telah siap, petugas yang siaga dan telah kami sosialisasikan layanan ini melalui pemasang banner di halaman depan kantor dan pemberitahuan secara online melalui unggahan di media sosial,” urainya.

Hingga saat ini tercatat layanan kunjungan tatap muka sebanyak 4 orang, layanan pentitipan barang sebanyak 90 orang. Sedangan layanan video call sebanyak 3 orang. (ZI-10)