Ragam

LAN Maluku Diminta Optimal Kampanye Anti Narkoba

ZonaInfo.id, Ambon – Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie membuka Rapat Kerja (Raker) Lembaga Anti Narkotika (LAN) Provinsi Maluku di lantai V Kantor DPRD Maluku, Selasa, (28/6/2022), setelah para pengurus lembaga tersebut dilantik Ketua Umum LAN Ibrahim Saehaia.

Pelantikan itu berdasarkan SK Nomor 03/SK-LAN/ III / 2022 tentang Struktur Pengurus LAN Provinsi Maluku periode 2022-2027, yang diketuai Mellchior Serhalawan sebagai Kepala LAN Maluku.

Sebelum membuka Raker, Sadali Ie saat membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, LAN sebagai wadah yang bertugas dalam pemberantasan narkotika untuk mampu berkontribusi secara optimal dan profesional dalam upaya pemberantasan narkotika di Maluku. Maka tidak ada pilihan lain untuk menyatakan perang terhadap narkoba.

“Saya minta kepada seluruh pengurus LAN untuk meningkatkan motivasi terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba lebih masih dan intensif kepada masyarakat terutama remaja, anak-anak dan orang tua melalui kampanye anti narkoba,” pintanya.

Menurutnya, pelantikan dalam organisasi merupakan dinamika organisasi yang bertujuan menunjukkan eksistensi, peran dan tanggung jawab kepada daerah, bangsa dan negara di bidang pemberantasan narkotika.

“Saya mengimbau kepada LAN untuk bekerja sama dengan pihak terkait lainnya dalam menangani penggunaan dan peredaran narkotika di Maluku,” imbau Sadali.

Ia menerangkan, permasalahan dan peredaran narkoba pada skala nasional menunjukkan peningkatan serta penyebarannya semakin luas ke seluruh negara dan wilayah di dunia.

“Penyalahgunaan dan peredaran narkoba telah merambah ke semua kelompok dan lapisan sosial ekonomi serta telah mewabah  menjadi penyakit masyarakat yang luas,” terang Sadali.

Ditempat yang sama, Ketua DPD LAN Maluku Mellchior Serhalawan mengatakan setelah dilantik, ia bersama jajarannya akan melakukan rapat kerja guna membahas sekaligus menetapkan program-program kerja perihal pencegahan peredaran, pemakaian dan praktek penyalahgunaan narkoba lainnya.

“Yang pasti kita akan menyusun rencana kerja dulu agar ada gambaran bagaimana upaya penurunan angka penggunaan dan peredaran narkoba dapat ditekan,” jelasnya.

Menurutnya, setelah program kerja telah rampung dibuat LAN Maluku akan bekerjasama dengan organisasi kepemudaan lintas agama untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terutama pemuda yang rentan terhadap penggunaan maupun bahaya narkoba. Dengan begitu, generasi muda bangsa dapat diselamatkan.

Pada pelantikan dan Raker LAN turut hadir Kepala BNNP Maluku Rohmad Nursahid, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Penjabat Wali Kota Ambon Boedewin Wattimena, Anggota DPRD Maluku yang juga selaku Dewan Pembina LAN Maluku Ayu Hindun Hasanussi dan undangan lainnya. (ZI-10)