Ini Makna Panjang 123 Meter Sajian Papeda Kodam Pattimura

ZonaInfo.id, Ambon – Panjang 123 meter sajian papeda di Jembatan Merah Putih (JMP) mempunyai makna tersendiri bagi Kodam XVI/Pattimura.

“Angka 1 itu menunjukkan kita akan selalu berbuat terbaik sebagai kesatria pelindung dan perekat bangsa. Sementara 23 merupakan usia Kodam XVI/Pattimura. Jadi itu makna dari 123 meter panjang sajian papeda,” kata Pagdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, kepada wartawan, Minggu (22/5/2022) di JMP.

Lanjutnya, JMP dipilih sebagai tempat pelaksanaan makanan papeda terbanyak dan terpanjang karena JMP merupakan icon dan kebanggaan masyarakat Maluku khususnya di Ambon.

“Maka kegiatan ini dipersembahkan untuk masyarakat Maluku,” ujarnya.

Selain  itu dipilihnya papeda, karena papeda adalah makanan khas dan kearifan lokal masyarakat Maluku.

“Jadi kita angkat kearifan lokal sampai di pentas mana juga, bila perlu sampai internasional karena ini merupakan kebanggaan bagi kita sebagai masyarakat Maluku,” ucapnya.

Tampubolon juga mengatakan dari papeda ada unsur perekat. Diharapkan dengan ulang tahun Kodam XVI/Pattimura yang ke-23 terus memiliki semangat untuk menjadi perekat bangsa demi situasi aman, kondusif dan sejahtera.

Pangdam pun mengaku, makan papeda terbanyak dan terpanjang memecahkan Rekor MURI ini juga sebagai dedikasi kepada almarhum Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury.

“Karena beliau juga yang telah memilih papeda untuk pecahkan rekor Muri dan kita dedikasikan. Luar biasa karya beliau walaupun beliau sudah tidak ada pasti beliau bangga dengan semua ide-ide beliau yang positif dan kontribusi positif akan kita teruskan,” ujarnya.

Ia berharap semoga Kodam XVI/Pattimura dapat melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta.

Kodam XVI/Pattimura memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) makan papeda terbanyak dan terpanjang mengalahkan rektor Muri sebelumnya sebanyak 11 ribu bungkus yang digelar Pemerintah Kota Jayapura pada 5 Maret 2020.

Sebanyak 35.000 bungkus papeda dinikmati beserta ikan kuah kuning oleh 12 ribu orang dengan sajian terpanjang mencapai 123 meter, Minggu pagi (22/5/2022) di JMP. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: