BI Siapkan 4 Milyar Dalam Ekspedisi Rupiah Berdaulat

ZonaInfo.id, Ambon – Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang layak edar Rp 4 miliar dalam Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, yang mengunjungi lima pulau terluar dengan menggunakan KRI Teluk Wondama pada 20-25 Mei 2022.

Dalam kesempatan itu Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina secara resmi melepas Tim Ekspedisi Pelayanan Kas Keliling Rupiah Berdaulat tahun 2022 perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Pelepasan Kas Keliling ini juga turut dihadiri oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto dan Kepala Departemen Pengelolaan uang Bank Indonesia Pusat Bapak Marlison Hakim, di Dermaga Lantamal IX Kesatrian Tawiri, Teluk Ambon, Kota Ambon. Jumat (20/5/2022).

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Pusat  M. Lukman Hakim menyampaikan, kali Ini Bank Indonesia menyiapkan 4 milyar untuk kegiatan ekpedisi berdaulat, yang paling banyak yakni uang pecahan kecil 20 ribu hingga 50 ribu.

“Nantinya setelah itu kita akan tahu berapa banyak kebutuhan di masyarakat pada kunjungan kedua kita akan menambah dari waktu ke waktu,” katanya.

Ditanya soal berapa banyak personel yang mengikuti ekspedisi ini Lukman mengatakan 15 personel untuk petugas di bagian kasir dan lima dari media.

“15 personel ini dari berbagai daerah ada dari NTB, Sibolga, Mamuju, Jambi, Tasikmalaya, dan Bandung . kenapa mereka dilibatkan agar mereka mengenal Provinsi Maluku dan keindahannya dan juga alamnya,” jelas Lukman.

“Usai dari kegiatan ini mungkin ada hal-hal yang nantinya diceritakan kepada orang lain. Artinya mereka bisa menjadi duta dan paling tidak bisa menyampaikan seperti apa Provinsi Maluku paling tidak di daerah tempat mereka tinggal,” jelasnya lagi.

Sementara itu Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia.

Mantan Dankor Brimob ini mengaku kegiatan tersebut juga dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah serta membantu memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil menarik uang tidak layak edar serta mempermudah masyarakat bertransaksi menggunakan rupiah.

“Manfaatkan fasilitas ini dengan maksimal, saya juga mengajak warga Maluku semua untuk menjaga rupiah dengan baik seperti yang dikampanyekan oleh Bank Indonesia yaitu cinta bangga paham mengenali dan merawat serta menjaga rupiah,” tutur Gubernur.

Selain itu Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi atas kerja sama yang sudah terjalin antara Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut.

Ia juga memberikan penekanan pada gelar operasi laut yang dilaksanakan oleh KRI Wondama 527.

“Kepada seluruh prajurit dalam pelaksanaan program pelayanan Kas Keliling wilayah provinsi Maluku, jalin komunikasi yang baik dengan tim Kas Keliling Bank Indonesia, tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai ketentuan dari pemerintah serta perhatikan keamanan dan tentunya utamakan keselamatan personel dan material,” tandasnya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: