Panen Sayuran Hidroponik, Keberhasilan Pembinaan Kemandirian Lapas Ambon

ZonaInfo.id, Ambon – Pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon kembali menunjukan output yang positif.

Kali ini, Pembinaan Kemandirian Bidang Pertanian Hidroponik yang dikelola WBP kembali melakukan panen sayuran jenis pakcoy, Sabtu (14/5/2022).

Pelaksana Tugas Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Ambon, Berthy Supusepa mengungkapkan panen yang dilakukan menjadi tanda keberhasilan pengelola Sarana Pertanian Hidropinik oleh WBP.

“Pengelola sarana hidroponik akan terberlanjut dengan sejumlah tanaman lainnya yang akan dibudidayakan oleh WBP yang termasuk dalam kelompok tani Lapas Ambon,” ungkapnya.

Hasil panen tersebut Lanjut Berthy akan dikemas untuk dipasarkan. “Hasil panen selain dibeli oleh petugas, juga dikemas untuk dipasarkan pada layanan penitipan barang,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Lapas Ambon, Mulyoko mengatakan pengelolaan pertanian secara hidroponik akan dikerjakan secara berkala dan berkelanjutan.

“Sebagai wadah untuk belajar dan memperkaya pengetahuan, pengelolaan hidroponik akan dikelola secara berkelanjutan,” ujarnya.

“Jadi dimulai dari fasilitas hidroponik yang terus dikembangkan kemudian tanaman yang dibudidayakan juga beragam. Tentunya yang bernilai ekonomis yang tinggi,” tambahnya.

Dijelaskan  juga oleh mantan Kalapas Tondano ini bahwa Lapas Ambon terus berupaya meningkatkan pembinaan bagi warga binaan guna terciptanya Sumber Daya Manusia unggul dan produktif.

“Semoga kegiatan pembinaan terus berjalan agar dapat memberikan dukungan untuk WBP semakin berkarya, dan prduktif,” harapnya. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: