Luar Biasa MTQ Maluku di Saumlaki, Unik dan Baru Pertama Kali Terjadi

ZonaInfo.id, Saumlaki – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) memiliki keunikan tersendiri, dan baru pertama kali terjadi.

Pembukaan momen akbar ini berlangsung di Lapangan Maldriak, Sifnana, Kecamatan Tanimbar, Jumat (18/3/2022) malam.

“Pelaksanaan MTQ kali ini memiliki keunikan tersendiri dan baru pertam kali kali terjadi di sepanjang perhelatan MTQ baik nasional maupun Provinsi Maluku,” kata Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya.

Memiliki keunikan, karena penduduk KKT 96 persen beragama Nasrani. Non Muslim hanya 4 persen. Bahkan panitia penyelenggara MTQ XXIX juga beragama Nasrani.

“Luar Biasa. Ini adalah bukti kerukunan antar umat beragama dan persaudaraan sejati yang ditunjukkan masyarakat Tanimbar untuk sama-sama mensukses MTQ di kabupaten ini,” tandas Gubernur.

Gubernur mengatakan, pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan lebih baik, jujur dan adil ketika kita semua bersikap bijak dan benar-benar patuh pada pedoman lomba yang telah diatur. Prestasi dan gelar juara memang penting tetapi bukan segala-galanya.

“Karena itu jangan sekali-kali melanggar aturan. Apalagi menyakiti hati anak-anak kita Qori dan Qoriah,” tandasnya.

Gubernur mengingatkan untuk meningatkan peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), baik tingkat kabupaten kota maupun provinsi guna memberikan pembinaan yang terbaik.

“Pelayanan yang terbaik kepada putra putri kita di daerah kita masing-masing agar kelak dapat mengharumkan nama Provinsi Maluku pada tingkat nasiona maupun internasional,” ujarnya.

Gubernur mengharapkan pelaksanaan MTQ kali ini menjadi momentum strategis untuk melakukan refleksi dan perubahan ke arah yang lebih baik, sebagaimana tema MTQ ini yaitu, aktualisasi nila-nilai Alquran untuk pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara yang cerdas, bermartabat, dan mandiri serta rukun dan damai.

“Yang perlu kita resapi dan kita amalkan dalam kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur, didampingi Ny. Widya Murad Ismail selaku Ketua Pengarah LPTQ Maluku, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury bersama istri ibu, Bupati KKT Petrus Fatlolon bersama istri, Ketua LPTQ Maluku Muhammad Marasabessy dan ketua panitia.

Sebanyak 411 kafilah dari 11 kabupaten dan kota mengikuti 7 mata lomba pada MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku yang akan berlangsung 18-24 Maret 2022.

Tujuh mata lomba tersebut yaitu cabang Tilawatil, cabang Hifzil, cabang Syahril, cabang Fahmil, cabang Khat, cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an, dan  cabang Kirat Al Qur’an. (ZI-15)

%d blogger menyukai ini: