Fatlolon: Kami Bangga Menjadi Tuan Rumah MTQ XXIX

ZonaInfo.id, Saumlaki – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon bangga kabupaten yang dipimpinnya menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022.

Baru pertama kali Tanimbar menjadi rumah momen akbar ini sejak kabupaten ini berdiri.

“Kami bangga menjadi tuan rumah MTQ XXIX, sebab sejak kabupaten ini berdiri baru pertama Tanimbar menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Provinsi Maluku,” kata Fatlolon saat pembukaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022, di Lapangan Maldriak, Sifnana, Kecamatan Tanimbar, Jumat (18/3/2022) malam.

Fatlolon mengatakan, MTQ Tingkat Maluku di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) merupakan sejarah bagi umat Muslim dan Kristen di Kepulauan Tanimbar.

Ini adalah wujud nyata harmonisasi keragaman umat beragama di Tanimbar yang tercermin dari sikap saling menopang, baku bantu dan bekerja sama antar berbagai umat beragama untuk mensukseskan MTQ XXIX.

“Sehingga ketua panitia adalah seorang pastor yang adalah Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya. Dan seorang pendeta yaitu Ketua Klasis GPM Tanimbar Selatan,” ungkap Fatlolon.

Lanjutnya,  ini sejarah baru di Indonesia. Ia yakin MTQ mendatang akan membawa berkat melimpah bagi Tanah Tanimbar.

“Saya yakin MTQ yang mendatang akan membawa berkat yang melimpah bagi tanah Tanimbar yang kita cinta ini,” ujarnya.

Fatlolon mengatakan, ditetapkannya KKT sebagai tuan rumah MTQ XXIX Provinsi Maluku merupakan suatu kebangaan dan kehormatan kepada seluruh masyarakat Tanimbar. Karena itu ia menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah memberikan kepercayaan dan perhatian yang besar bagi masyarakat Tanimbar.

Ia mengungkapkan, momen MTQ ini telah membawa manfaat besar antara lain pembangunan lapangan Mandriak, pembangunan Masjid Annur dan pembangunan infrastruktur lainnya. Dan tidak kalah penting momen MTQ telah mempersatukan orang Tanimbar.

“Mempersatukan kami orang Tanimbar dengan keragaman yang mengikat dan mempersatuan kami dalam hubungan adat Duan Lolat, pela gandong, katong sudara yang tidak dapat terpisahkan,” tandasnya.

“Doa kami untuk gubernur agar selalu sehat dan sukses untuk memimpin katong (kita) semua di Maluku. Lanjut Bapak Gubernur Maluku,” tandasnya.

Menurutnya, Maluku membutuhkan sosok pemimpin yang berani, tegas, tanggap dan renda hati, punya kemampuan komunikasi dan relasi yang kuat dengan pemerintah pusat.

“Sosok itu hanya ada pada Bapak Murad Ismail, Gubernur Maluku yang sama-sama kita banggakan. Lanjutkan,” tandasnya lagi.

Fatlolon juga mengatakan, MTQ kali ini unik sebab panitia didominasi oleh tokoh-tokoh umat Kristen. Selain itu, MTQ dilaksaanakan di tengah-tengah umat Kristen yang saat ini sedang berada pada masa pra Paskah.

“Minggu sengsara ini tidaklah menjadi penghambat untuk terlaksananya MTQ ini. Orang Kristen di Kepulauan Tanimbar mampu untuk membagi waktu untuk MTQ, dan juga beribadah pada masa pra Paskah ini,” ujarnya.

Sebanyak 411 kafilah dari 11 kabupaten dan kota mengikuti 7 mata lomba pada MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku yang akan berlangsung 18-24 Maret 2022.

Tujuh mata lomba tersebut yaitu cabang Tilawatil, cabang Hifzil, cabang Syahril, cabang Fahmil, cabang Khat, cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an, dan  cabang Kirat Al Qur’an. (ZI-15)

%d blogger menyukai ini: