Saiful Sahri: Butuh Komitmen Gali Potensi Warga Binaan dari Pulau Seram

ZonaInfo.id, Ambon – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Saiful Sahri mengatakan butuh komitmen bersama untuk menggali potensi warga binaan yang berasal dari Pulau Seram, karena dapat menjadi prospek pembinaan kemandirian di Rutan Masohi kedepan.

“Kita punya lahan yang luas, tanah yang subur dan Sumber Daya Manusia yang mumpuni, tinggal bagaimana mengoptimalkannya, tentu harus dengan mekanisme terukur dan sesuai ketentuan prosedur yang berlaku,” kata Saiful Sahri pada pembukaan kegiatan penanaman tanaman ketahanan pangan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Masohi, Rabu (23/2/2022).

Lanjutnya, Pulau Seram terkenal dengan tanahnya yang subur dan orang-orangnya yang punya kemampuan dibidang pertanian.

“Rata-rata anak-anak Seram itu punya kemampuan pertanian walaupun dengan cara yang konvensional. Dong (mereka) jago bakabong (berkebun) itu fakta,” ujar Saiful.

Saiful mengapresiasi dan mendukung penuh upaya Rutan Masohi dalam melaksanakan program penanaman tanaman ketahanan pangan, karena menurutnya selain merupakan kebijakan nasional Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, program tersebut juga dapat meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan yang terpenting dapat menopang kemandirian narapidana itu sendiri.

Ia berharap kegiatan ini dapat dikelola dengan baik oleh jajaran Rutan dan kepada narapidana yang akan bekerja ia berpesan agar tetap semangat, jangan menyerah dengan keadaan.

“Walaupun kalian berada di dalam Lapas, kalian bisa tetap produktif dan bisa memberikan sesuatu bagi keluarga dengan hasil jerih payah selama berada dalam Lapas,” harapnya.

Sementara itu Kepala Rutan Masohi, Bayu Muhammad, menjelaskan, semua arahan dan dukungan dari jajaran pimpinan di wilayah akan menjadikan program ini sebagai salah satu program unggulan dari Rutan Masohi.

“Terima Kasih untuk dukungan dan arahan pimpinan, kami butuh hal tersebut demi kamajuan Rutan Masohi kedepannya,” tandasnya.

Kegiatan penanaman tanaman ketahanan pangan di Rutan Masohi, diawali dengan penyerahan bibit jagung oleh Plt. Kadivpas kepada Kepala Rutan Masohi, dan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman oleh Plt. Kadivpas dan pejabat struktural Divpas Maluku yang hadir dalam giat tersebut.

Walaupun diguyur hujan, namun kegiatan penanaman bibit jagung tetap berlangsung lancar dengan penuh semangat. (ZI-10)

%d blogger menyukai ini: