Gelombang Tinggi Disertai Hujan Deras, 539 Warga SBT Mengungsi

ZonaInfo.id, Bula – Sebanyak 539 warga Desa Sesar, Kampung Nelayan, Englas dan Desa Hote di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengungsi akibat gelombang tinggi disertai hujan deras, Selasa (22/2/2022).

Selain itu, tercatat 19 rumah warga mengalami rusak berat dan 17 rusak ringan.

“Data yang diperoleh BPBD SBT tercatat 539 warga di Desa Sesar, Kampung Nelayan, Englas dan Desa Hote mengungsi. Sementara untuk rumah warga yang rusak berat sebanyak 19 rumah dan rusak ringan sebanyak 17 rumah,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBT, Usman Keliobas yang dihubungi tadi malam.

Keliobas merincikan, 539 warga yang mengungsi itu, terdiri dari warga di Kecamatan Bula Desa Sesar sebanyak 116 orang, Kampung Nelayan 121 orang, Desa Englas 18 orang dan Desa Hote, Kecamatan Bula Barat 284 orang. “Jadi total pengungsi di dua kecamatan ini berjumlah 539,” ungkapnya.

Sementara rumah di Desa Sesar yang rusak berat berjumlah 2 rumah dan rusak ringan 12 rumah. Di Kampung Nelayan, rumah warga yang rusak berat berjumlah 1 rumah, ditambah dengan Pos/Mes Polairud SBT rusak berat, dan rusak ringan tidak ada.

Selanjutnya Desa Englas, rumah warga yang rusak berat berjumlah 5 rumah, sementara untuk rusak ringan tidak ada. Di Desa Hote, rumah yang rusak berat sebanyak 9 rumah, dan rusak ringan 5 rumah.

Keliobas mengatakan, Pemda SBT sudah memberikan bantuan berupa selimut, dan mendirikan tenda pengungsi di areal usaha mebel warga Hote.

Selain BPBD, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Sekda SBT Djafar Kwairumaratu, Kadis Kesehatan Samun Rumakabis, dan Plt Baznas Sidik Rumalowak juga memantau kondisi warga yang terkena bencana alam ini. (ZI-16)

%d blogger menyukai ini: