DPRD Maluku Sepakati Anggaran Bangun Rumah Warga Kariu

ZonaInfo.id, Ambon – Komisi III DPRD Provinsi Maluku bersama Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku telah menyepakati anggaran untuk membangun kembali rumah warga Desa Kariu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Ratusan rumah warga Kariu terbakar akibat konflik dengan warga Dusun Ori, Desa Pelauw pada 26 Januari 2022 lalu.  Mereka saat ini mengungsi di Desa Aboru.

‘’Kami laksanakan rapat dengan mitra, dan ada beberapa kesepakatan terkait pembangunan kembali rumah warga Kariu,” kata Ketua Komisi III DPRD Maluku, Richard Rahakbauw kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku usai rapat dengar pendapat, Kamis (10/2/2022).

Menurut Rahakbauw, Dinas PKP Maluku Tengah akan menanggung anggaran pembangunan rumah warga Kariu per unit Rp 125 juta. Sama dengan yang dikemukakan oleh Dinas PKP Provinsi.

Ia menambahkan, tadi dalam rapat juga ada permintaan dari Kepala Balai Cipta Karya agar SK tanggap darurat diperpanjang dari 14 hari menjadi 90 atau 3 bulan kedepan, sehingga masalah-masalah lain bisa tertangani terkait dengan pembangunan rumah bagi pengungsi Kariu

‘’Kita berharap dengan dibangunnya kembali rumah bagi warga Kariu, mereka bisa secepatnya kembali ke tanah negeri asal mereka,’’ tandas Rahakbauw. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: