Dana Desa Manusa Diprioritaskan Bangun Rumah Layak Huni

ZonaInfo.id, Piru – Desa Manusa, Kecamatan Inamosol, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mendapatkan dana desa (DD) tahun 2021 sebesar Rp 1,6 miliar. Dana ini diprioritaskan untuk membangun rumah layak huni bagi warga setempat.

Penjabat Kepala Desa Manusa, Eper Ruspanah saat dikonfirmasi Rabu (9/2/2022) menjelaskan, selain rumah layak huni, ada beberapa pekerjaan juga dibiayai dengan DD tersebut.

“Dana desa digunakan untuk pembangunan rumah layak huni 11 unit dengan nilai Rp 250.000.000, pembangunan WC 86 unit senilai Rp 63.000.000  dan belanja penanganan Covid-19 seperti masker, handsanitizer, dan tempat pencuci tangan senilai Rp 83.000.000,” urainya.

Ruspanah mengatakan, jumlah rumah layak huni yang harus dibangun sebanyak 20 unit. Namun operator desa terlambat input data ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, sehingga terjadi keterlambatan. Karena itu, sisa 9 unit akan dibangun tahun ini.

“Pembangunan dengan sistem kontrak,  Kaur Pembangunan Roy Ruspanah sebagai PPK,” ungkapnya.

Menurutnya, seluruh program kegiatan terbagi habis berdasarkan pos-pos belanja DD yang ada, dan diharapkan semua pekerjaan berjalan lancar untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan masyarakat Desa Manusa.

“Saya berharap ada dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Manusa dan peran pengawasan masyarakat terhadap proyek-proyek yang sementara dikerjakan, diawasi secara baik, sehingga ada transparansi penggunaan anggaran, karena masyarakat kita sekarang ini sudah sangat cerdas, intinya masyarakat dilibatkan,” tandasnya. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: