Harga Cabai Rawit Melonjak di Pasar Tradisional Ambon

ZonaInfo.id, Ambon – Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon melonjak. Para pedagang menjual Rp 100 ribu per Kg.

Pedagang di Pasar Mardika bernama Yanti mengaku kenaikan harga cabai rawit sudah terjadi sejak kemarin.

“Kami membelinya di agen dengan harga 85 ribu per kilogram dan dijual dengan harga 100 ribu per kilogram,” kata Yanti, Senin (7/2/2022).

Menurut Yanti, harga cabai rawit pada Sabtu (5/2/2022) masih Rp 70 ribu per kilogram, karena banyak pasokan dari sentra lokal yakni Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

“Tanggal 5 Februari itu masih harga Rp 70 ribu per kilogram. Itu dibeli dengan harga 55 ribu. Tapi kemarin lonjak lagi makanya penjualan hari ini 100 ribu,” tuturnya.

Sementara Watty pedagang cabai lainnya juga mengungkapkan, masih ada stok yang lama, namun stok yang baru dijual dengan harga 100 ribu per Kg.

“Masih ada stok cabai yang kemarin baru diambil, kita jua stok ini dulu dengan harga yang 100 ribu untuk dapatkan untung,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi Bapok dan Pameran Produk Dalam Negeri Disperindag Maluku, Hermawan, mengatakana, cabai rawit merupakan salah satu komoditi yang harganya fluktuatif.

“Saat ini, harga cabai kembali melonjak disebabkan oleh pasokan yang berkurang dari sentra produksi. Namun hingga kini, stok cabai dipastikan tetap tersedia dalam memenuhi permintaan masyarakat,” jelasnya.

Ia menjelaskan lagi, cabai yang dijual di Kota Ambon biasanya mengandalkan pasokan dari Ruta, Kabupaten Maluku Tengah, dan Namlea, Kabupaten Buru. Bahkan untuk memenuhi permintaan pasar, kebanyakan juga dipasok dari Makassar lewat jalur udara.

“Harga cabai itu selalu fluktuatif. Meski demikian, Disperindag tetap lakukan pemantauan dan memastikan tidak terjadi kelangkaan,” ujarnya. (ZI-15)

%d blogger menyukai ini: