MDR Salur Bibit Pohon Apel ke Petani Danau Rana

ZonaInfo.id, Namlea – Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Buru, Muhammad Daniel Rigan (MDR), menyalurkan bibit tanaman apel untuk petani di pedalaman Danau Rana, Kabupaten Buru, Maluku.

Bila uji coba ini berhasil, Putera Jikumerasa, Kecamatan Liliyali, yang sukses selama merantau ini akan menyuplai lagi  bibit tanaman apel untuk dikembangkan di desa-desa pedalaman di sekitar  Danau Rana.

“Kita lagi uji coba. Insya Allah berhasil baru kita buat besar-besaran,” jelas MDR kepada wartawan media ini lewat telepon, Minggu pagi (6/2/2022).

Menurut MDR, kondisi desa- desa yang dihuni masyarakat adat tanah Bupolo di sekitar Danau Rana, terkenal sangat subur dan berada pada daerah ketinggian dengan suhu udara yang cocok untuk usaha pertanian dan perkebunan, termasuk dari rumpun tanaman yang cocok tumbuh subur di daerah dingin, termasuk tanaman pohon apel.

Karena itu ia tertarik meningkatkan potensi di bidang perkebunan pada masyarakat di Danau Rana dengan mengajak mereka berkebun pohon apel

Memotivasi para petani melakukan uji coba di sana, maka MRD menyalurkan dua varitas bibit tanaman apel, Manalagi dan New Zealand.

Tanaman apel  ini diberikan di dua desa di wilayah puncak rana, yakni di Desa Waimite dan Desa persiapan Wagrahe, Kecamatan Fenaleisela pada Kamis lalu (4/2/2022).

Suami artis Bella Sofie ini kembali menjelaskan, bahwa potensi wilayah dingin satu satunya yang ada di Kabupaten Buru, seperti puncak danau Rana, seharusnya bisa manfaatkan dengan baik, agar menjadi Kemaslahatan serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kawasan puncak Rana itu suhu wilayahnya cukup dingin. Potensi itu bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi warga sekitar. Contohnya dengan melakukan budidaya tanaman khusus seperti apel,” tutur MDR.

Dua varietas unggul yang didistribusikan kepada petani setempat merupakan langkah awal dari serangkaian inovasi yang nantinya akan dibuat untuk masyarakat di sana.

“Ada dua varietas apel yang kita kasih untuk warga dua desa di danau Rana. Apel Malang dan New Zealand. Kita coba dulu itu. Jika berhasil. Pasti akan ada penambahan lagi,” ujar MDR.

Merespon uji coba pemberian bibit apel, masyarakat Desa Waimite dan Wagrahe mengaku senang dan bersyukur, Rana menjadi uji coba tanaman apel.

“Awal beta (saya) bingung dengan tanaman ini,  pohon dan buahnya bagaimana belum pernah katong (kita) lihat, tapi syukur setelah ada bantuan bibit apel ini Katong jadi tahu. Terima kasih untuk yang memberi katong bibit. Semoga ini bisa jadi dan punya manfaat par katong,” ujar Combe.

Pemberian bibit apel varietas New Zealand dan Malang oleh MDR untuk uji coba tanam di Kabupaten Buru, nantinya akan dikembangkan setelah uji coba dinyatakan berhasil.

MDR juga menyebutkan, pengelolaan tanaman apel dan pemanfaatannya pun akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat setempat sebagai bentuk peningkatan dan pengembangan ekonomi dibidang pertanian di wilayah setempat.

“Kita hanya bantu datangkan bibi . Setelah uji coba berhasil. Akan ada penambahan penambahan bibit untuk masyarakat setempat untuk dikelola dengan baik,” ujar MRD. (ZI-18)

%d blogger menyukai ini: