Lantik Ririmasse Sebagai Sekkot Ambon, Begini Penegasan Wali Kota

ZonaInfo.id, Ambon – Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy secara resmi melantik Agus Ririmasse sebagai Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Selasa (21/12/2021).

Pelantikan Agus Ririmasse berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Ambon Nomor 754 Tahun 2021 tertanggal 20 Desember.

Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan, apa yang terjadi saat ini, merupakan sebuah proses panjang yang dilalui.

‘’Pelantikan hari ini telah melalui prosedur sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, setelah sebelumnya dilakukan melalui seleksi terbuka dan mendapat rekomendasi KASN,’’ jelasnya.

Lanjutnya, Sekkot merupakan unsur pembantu pemerintah kota, yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Wali Kota.

Sekkot bertugas membantu Wali Kota untuk tugas penyelenggaraan pemerintahan, organsiasi dan tata laksana dan juga memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah yang ada di kota ini.

“Sebegitu strategisnya fungsi Sekkot, maka dalam berbagai kesempatan, saya menegaskan bahwa tidak ada kepentingan pribadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota terkait siapa yang akan jadi Sekkot Ambon ini,” tandas Louhenapessy.

Louhenapessy mengaku, dalam proses seleksi hingga penetapan Sekkot, banyak isu yang beredar bahwa Agus Ririmasse adalah orangnya Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan mengamankan keduanya setelah tidak lagi menjabat.

‘’Terhadap hal ini, saya hanya berkata Tuhan ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat,’’ ungkapnya.

Louhenapessy menegaskan dirinya dan Wakil Wali Kota tidak berpikir sesempit itu. Keduanya berpikir soal masa depan Kota Ambon.

“Kami berpikir dalam konteks yang lebih besar, yakni tentang masa depan kota ini,” ujarnya.

Kepada Ririmasse, Louhenapessy mengatakan, tantangan kedepan sangat kompleks dan dinamis, sebab Iptek menjadi ruang yang tak terbatas, olehnya itu fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan dan pembangunan serta pemberdayaan, harus mampu diemban dengan baik.

‘’Kita harus melayani dan bukan untuk dilayani. Hal yang patut diingat yakni dunia kita bukan pangkat dan jabatan dan bukan juga gaji, tapi dunia kita adalah manusia dan segala persoalannya,” tandasnya.

Louhenapessy juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Asisten Administrasi Umum, Rulien Purmiasa yang sejak tanggal 3 Desember lalu menjalankan tugas sebagai Plh Sekkot Ambon.

‘’Walau hanya 17 hari, namun tugas dan pengabdian yang dilakukan sangat penting dan strategis,’’ ujarnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: