Wali Kota Ambon Harap Sekolah Penggerak Jadi Motivasi Bagi Sekolah Lain

ZonaInfo.id, Ambon – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy membuka pameran hasil karya peserta didik SMA Xaverius Ambon, di Aula SMA Xaverius Rabu, (15/12/2021).

Louhenapessy menyampaikan, pameran yang digelar merupakan hasil karya dari implementasi program Sekolah Penggerak di Kota Ambon.

“Ini bagian dari tindak lanjut dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk program Sekolah Penggerak,” katanya.

Dikatakan, Menteri telah memberi perhatian khusus kepada Sekolah Penggerak ini dengan menempatkan penguatan kepada Sub-Profile Pelajar Pancasila. Untuk itu, perhatian Menteri ini patut diapresiasi.

Terdapat 6 Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, dan Bernalar Kritis serta Kreatif.

“Dalam semangat itu saya mau mengutip tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantoro, perlulah anak-anak kita dekatkan hidupnya kepada peri kehidupan rakyat agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat mengalaminya dan kemudian tidak hidup berpisah dengan rakyatnya,” ujar Louhenapessy.

Louhenapessy menyambut baik pameran yang dilaksanakan SMA Xaverius. Kegiatan ini tidak bisa dilihat hanya dari hasil yang dicapai, namun yang paling penting dari itu adalah proses untuk mencapai hasil.

Menurutnya, itu yang perlu diperhatikan dalam upaya untuk membentuk bakat, hasrat dan potensi yang dimiliki anak-anak.

“Saya memberikan apresiasi kepada SMA Xaverius lewat kegiatan pameran hari ini. Saya berharap bisa memotivasi sekolah-sekolah lain demi kepentingan kita kedepan,” ujarnya.

Louhenapessy juga mengutip pernyataan dari salah seorang tokoh pendidikan di India Shakuntala Devi, yang menyebutkan bahwa “Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapat gelar tetapi juga soal memperluas pengetahuan, mengasah kreatifitas dan menyerap ilmu kehidupan”.

“Apa yang diucapkan Shakuntala Devi, sangat sejalan dengan program Menteri Pedidikan dalam upaya penguatan profil Pelajar Pancasila. Kita berdoa semoga output dari kegiatan ini bisa membentuk karakteristik yang baik bagi para alumni SMA Xaverius di Ambon,” ungkapnya. (ZI-17)

%d blogger menyukai ini: