Resmikan Kairatu Beach, Akerina: Berdampak Positif Bagi Perekonomian

ZonaInfo.id, Piru – Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Timotius Akerina meresmikan kawasan wisata Kairatu Beach, di Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu.

Ribuan orang dari Desa Kairatu dan sekitarnya menghadiri peresmian salah satu destinasi wisata di Kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu pada Minggu (21/11/2021). Peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Bupati.

Kehadiran Bupati disambut dengan tarian cakalele dari warga Desa Kairatu dan tarian dari Remaja Mesjid Dusun Leamahu.

Bupati didampingi Plh Sekda Alvin Tuasun, Kepala Dinas Pariwisata Johanes Soukotta dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jhon Yahya.

Dalam sambutannya Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pengelola maupun pemilik wisata Kairatu Beach, CV Rizky Gemilang Group yang turut membangun sektor pariwisata.

“Kami sadari bahwa ketergantungan kita terhadap sumber daya alam sangatlah besar. Tapi di satu sisi sumber daya alam seperti hasil hutan, gas bumi semakin berkurang dan satu saat akan habis,” ujarnya.

Untuk itu, kata Bupati, sektor pariwisata dan sektor perikanan harus dikembangkan dan diperbaharui.

“Sektor pariwisata merupakan sektor yang menjanjikan. Karena alam kita menyimpan berbagai pesona yang masih alami, kalau dikembangkan akan menjadi sesuatu yang menarik untuk dinikmati,” ucapnya.

Lanjutnya, di masa depan sektor pariwisata akan terus dikembangkan. Apalagi Kabupaten SBB memiliki potensi pariwisata di seluruh wilayah dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing, seperti keindahan panorama alam air terjun dan keindahan pegunungan yang menakjubkan.

Beberapa ikon pariwisata di daerah Kabupaten SBB terkenal sampai di mancanegara. Sebut saja, Laut Lucipara, dan Selat Valentine merupakan bukti bahwa daerah ini memiliki destinasi wisata unggulan yang jika dikembangkan memiliki nilai yang baik. Dan dengan strategi yang baik antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, akan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung menikmati keindahan alam yang dimiliki Kabupaten SBB.

“Saya memberikan apresiasi kepada pengelola Kairatu Beach yang berinisiatif, berkreatif dan berinovasi untuk mengembangkan objek wisata ini. Demikian setiap masyarakat Kairatu dan stakeholder bisa berpartisipasi dalam pengembangan potensi wisata ini sehingga menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi menikmati keindahan alamnya,” kata Bupati.

Bupati mengingatkan untuk selalu menjaga kekompakan, sebab kalau Kairatu Beach berkembang dengan baik maka akan tumbuh usaha-usaha informal lain yang pelaku usahanya adalah masyarakat sendiri.

“Ini akan berdampak positif terhadap pengembangan perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Bupati mengatakan, semenjak Pandemi Covid-19 menyebabkan dunia usaha mengalami goncangan. Sektor pariwisata juga mengalami kemacetan dan kemunduran. Hal ini sangat berdampak pada

perekonomian.

“Kini dengan semakin membaiknya kondisi Covi-19 maka dunia usaha pariwisata mulai digiatkan kembali. Kondisi ini betul-betul harus kita jaga agar tetap stabil dan tidak menjadi pandemi baru untuk tempat -tempat wisata,” ujarnya.

Bupati mengajak semua pihak untuk membantu pemerintah dalam pengendalian penularan Covid-19 di tempat wisata dengan terus menerapkan protokol Kesehatan. Para pengunjung wajib memakai masker dan mencuci tangan.

“Pelaku wisata dan organisasi perangkat daerah di bidang pariwisata dapatlah berkolaborasi dan bekerja keras untuk dunia pariwisata, dengan membuat kalender promosi dan pemasaran pariwisata yang menginformasikan berbagai produk dan cinderamata, kuliner dan pagelaran seni budaya, festival dan lomba seni budaya lainnya,” tandas Bupati. (ZI-14)

%d blogger menyukai ini: