FPIK Uniqbu Gelar Dua Kegiatan di Desa Saliong

ZonaInfo.id, Namlea – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Iqra Buru (FPIK Uniqbu) di Desa Persiapan Saliong Kecamatan Namlea, Kabupatan Buru dikemas dalam dua kegiatan, yaitu Pelatihan Manajemen Produksi dan Kewirausahaan kepada Kelompok Pembudidaya Rumput Laut dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H.

Wakil Dekan FPIK Uniqbu, M. Ikbal Zakariah dalam siaran pers, Jumat (12/11/2021) menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah awal dari Keluarga Besar FPIK untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan potensi perikanan sekaligus mempererat ukhuwah islamiyah dengan masyarakat Desa Saliong.

Kegiatan pelatihan untuk Kelompok Pembudidaya Rumput Laut ini melibatkan unsur dari Dinas Perikanan Kabupaten Buru yang diwakili Sekretaris Dinas, M. Iban Latuwael dan  Irvan Mukadar, Kabid Perikanan Budidaya.

Keduanya  menyampaikan materi terkait program kerja Dinas Perikanan, khususnya di Bidang Perikanan Budidaya Perikanan.

Sedangkan  Staf Bank BRI Unit Namlea  menyampaikan materi terkait Program KUR. Kemudian dari unsur fakultas dihadiri oleh Metheos Talakua, (Dosen) dan Samsia Umasugi, Ketua Prodi Budidaya Perairan.

Selanjutnya untuk kemeriahan kegiatan PKM ini dilanjutkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang melibatkan unsur dari Badan Eksekutif Mahasiswa FPIK, Majelis Shalawat Hadyunabi Wal Itrah dan masyarakat Desa Saliong.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Yayasan Muslim Buru, Ismiran Wattiheluw, Rektor Uniqbu M.Sehol dan Kepala Desa Saliong, Nurain Kabau.

Hikmah Maulid disampaikan oleh Ust Djafar Shodiq Assagaff dengan tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Kepedulian dan Kebersamaan di Masa Pandemi”.

Dalam kesempatan itu Rektor Uniqbu menyampaikan apresiasi kepada FPIK yang telah mengaplikasikan secara nyata visi dan misi kampus sebagai lembaga pendidikan dan da’wah yang melahirkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan terima kasih kepada aparat desa dan seluruh masyarakat Desa Saliong  dan membuka kesempatan dan peluang beasiswa bagi masyarakat Desa Saliong yang ingin melanjutkan studi ke kampus Uniqbu.

Dalam kesempatan itu juga Ketua Yayasan Muslim Buru menyampaikan harapan agar kegiatan keagamaan maupun pendampingan oleh FPIK kepada masyarakat Desa Persiapan Saliong seperti ini dapat dilakukan secara kontinyu. (ZI-18)

%d blogger menyukai ini: